Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Kasus APMD di Tuban: Kejari Masih Berkutat Koordinasi BPKP Hitung Kerugian Uang Negara

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Nov - 2023, 13:09

Placeholder
Kepala Kejari Tuban Armen Wijaya (01/11/2023)(Foto Ahmad Istihar/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kasus dugaan korupsi pengadaan mesin Anjungan Pelayanan Mandiri Desa (APMD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban masih koordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Hal ini dikatakan Kepala Kejari Tuban Armen Wijaya. Terkait perkembangan kasus APMD, pihaknya masih dalam proses koordinasi dengan BPKP untuk menghitung kerugian uang negara.

Baca Juga : Meninggal Dalam Sumur, Sosok Choiril Budiansyah Ternyata Pejuang Krisis Air di Tuban dan Aktivis Ansor

"Tunggu dulu, kita masih proses menghitung kerugian uang negara," ucap Armen Wijaya, Selasa (31/10/2023) kemari usai menghadiri pisah kenal Kalapas Tuban.

Sempat diberitakan sebelumnya, pada bulan April sampai Juni 2023, Kejari Tuban menemukan perbuatan melawan hukum yakni atas pengadaan APMD dan alat pendukungnya tahun 2021 menggunakan anggaran dana desa. 

Dari keseluruhan mesin APMD total 72 unit pengadaan, baru terealisasi ada 65 unit yang tersebar di desa-desa. Dalam penyelidikan Kejari Tuban, harga spesifikasi peralatan APMD tidak sesuai harga real di pasaran.

Sehingga, ditemukan indikasi kemahalan harga dalam pengadaan mesin APMD tersebut. Termasuk Kejari Tuban sudah melakukan pemeriksaan umum terhadap 50 saksi termasuk pejabat di lingkungan pemkab termasuk salah satunya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban.

Baca Juga : Jamaah Umroh Akhirnya Tiba di Jember, Tour Leader: Tidak Terlantar, Hanya Terlambat

"Saksi ya kita lihat perkembangan kita dalam proses penyidikan. Ada nama-nama lain yang sifatnya urgensinya ada dalam keterangan untuk penyidikan ya kita panggil," pungkas Kepala Kejari Tuban Armen Wijaya sembari bergegas selesai menghadiri acara pisah sambut Kalapas Tuban.(*)


Topik

Hukum dan Kriminalitas Tuban korupsi APMD kejaksaan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Nurlayla Ratri