Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Waspada dengan Pujian, Baca Doa Ini ketika Dipuji 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

28 - Oct - 2023, 10:17

Placeholder
Ilustrasi seseorang muslim ketika berdoa. (pixabay)

JATIMTIMES - Mendapatkan pujian dalam berbagai hal akan membuat seseorang begitu senang. Namun, seseorang haruslah waspada terhadap pujian. Sebab, pujian itu dapat membuat seseorang, sombong, terlena dan melalaikan sesuatu yang menjadi kewajiban seorang umat. 

Imam Al-Ghazali Rahimahullah dalam Ihya’ Ulum Ad-Diin, 3: 236, mengatakan, "Orang yang dipuji hendaknya waspada. Jangan sampai ia terjatuh dalam kesombongan, ujub dan bentuk futur lainnya. Seseorang bisa selamat dari hal-hal jelek tadi, hanya dengan mengetahui hakikat keadaan dirinya".

Baca Juga : Ini Respons Gibran usai Program Unggalan Dana Abadi Pesantren Dikritik Sri Mulyani

“Hendaklah ia renungkan akan bahaya jika berada dalam akhir hidup yang jelek. Hendaklah ia waspada akan bahaya riya’ dan terhapusnya amalan. Hendaknya ia kenali diri orang yang memuji pun tidak mengenalnya. Kalau saja orang yang memuji itu tahu kejelekan yang ada pada dirinya, tentu ia tak akan memuji. Baiknya, ia tampakkan pula bahwa ia tidak suka pada pujian tersebut".

Rasulullah SAW pun telah mewanti-wanti umatnya untuk waspada dan tidak terlena terhadap pujian. 

Hendaknya, ketika mendapatkan sebuah pujian, tidaklah merasa terlalu bahagia. Sebab, pada hakikatnya, pujian yang utama adalah milik Allah SWT sebagai penguasa alam semesta. 

Seperti diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al- Iman, 4: 228, no.4876. Lihat Jaami’ Al-Ahadits, Jalaluddin As-Suyuthi, 25: 145, Asy-Syamilah, terdapat sebuah doa ketika seseorang mendapatkan pujian. Doa ini pun dibaca oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq agar menghilangkan rasa sombong dan tetap waspada agar pujian tak melemahkan keimanan.

Baca Juga : Menengadahkan Tangan Saat Berdoa, Apakah Itu Ajaran Rasulullah?

Berikut doa ketika mendapatkan pujian:
"Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun."

Doa ini, memiliki arti "Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka".


Topik

Agama Pujian doa ketika dapat pujian kajian Islam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy