Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Internasional

Pimpinan Senior Hingga Politikus Hamas Tewas Terkena Serangan Israel

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

20 - Oct - 2023, 07:14

Placeholder
Militan Hamas. (Foto: Reuters/Suhaib Salem)

JATIMTIMES - Serangan Israel menewaskan kepala pasukan keamanan nasional pimpinan Hamas, Jehad Mheisen, dan anggota keluarganya di rumah mereka.

Tewasnya Jehad dilaporkan  BBC News, kantor berita yang berpihak pada Hamas, pada Kamis (19/10/2023).

Baca Juga : Disdikbud Kota Malang Sambut 120 Delegasi Budayawan Berbagai Negara Jelang Festival Panji ASEAN

Sebelumnya melansir laporan Al Arabiya, Hamas juga mengatakan  wanita pertama yang terpilih menjadi pemimpin politiknya juga tewas dalam serangan Israel di Gaza, pada Rabu (18/10/2023). Dia adalah Jamila Al-Shantee, 64, tewas di Jabalia, Gaza utara. 

Jamila Al-Shantee adalah perempuan pertama yang terpilih menjadi anggota biro politik gerakan tersebut, yang terdiri dari 20 anggota, setelah pemungutan suara internal pada tahun 2021.

Perempuan lainnya, Fatima Shurab, bergabung dengan petinggi politik pada waktu yang sama, melalui penunjukan otomatis sebagai presiden komisi perempuan.

Diikutsertakannya para perempuan dalam kepemimpinan Hamas pada saat itu sebagai sinyal positif bagi komunitas internasional. Hamas ingin menunjukkan keterbukaan terhadap keterwakilan perempuan.

Baca Juga : Platform Twitter (X) Lakukan Uji Coba Berbayar di Dua Negara Ini, Harganya Rp 15 Ribu Setahun

Shantee memiliki sejarah panjang dalam politik Palestina. Di antaranya, terpilih pada tahun 2006 menjadi anggota parlemen Otoritas Palestina.

Parlemen Otoritas Palestina sendiri belum pernah mengadakan pertemuan sejak Hamas menggulingkan Otoritas Palestina dari Gaza dan mengambil alih kekuasaan pada tahun 2007. Sehingga hal tersebut mendorong Israel untuk mengintensifkan blokade yang melumpuhkan wilayah Gaza.


Topik

Internasional Hamas Israel Palestina konflik Palestina v Israel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy