Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Resmikan OSHIKA 2023, Unisma Bawa Tema Keberagaman dan Inklusivitas

Penulis : Asa Zakiyya Hafidh-Syafina Chandra Dewi - Editor : Dede Nana

18 - Sep - 2023, 18:06

Placeholder
Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Malang Dalam Rangka Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2023 (Syafina Chandra Dewi-Jatim Times)

JATIMTIMES – Universitas Islam Malang (Unisma) menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka meresmikan Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus (Oshika) bagi Mahasiswa Baru tahun 2023. Acara ini akan dilaksanakan selama 3 hari hingga tanggal 20 September 2023.

Bertempat di Gedung Bundar Al-Asy’ari, Rektor Universitas Islam Malang  Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si memaparkan bahwa tahun ini Unisma resmi menerima 3.567 mahasiswa baru dari jenjang sarjana, magister hingga doktoral. 

Baca Juga : Tingkatkan Imunitas Anak Sekolah, Siswa SD se-Situbondo Ikuti BIAS

Prof Maskuri juga menjelaskan terkait penerapan prinsip Unisma menjadi kampus Rahmatan Lil Alamin, bahwa tahun ini juga menerima mahasiswa baru yang beragama non-muslim. 

“Yang non-muslim ada sekitar 20-an. Ya, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengarah kepada apa namanya pelayanan ya. Pelayanan kita tidak membeda-bedakan antara muslim dan non-muslim. Hindu, Kristen, Katolik Konghucu maupun Budha semuanya punya kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan,” terangnya. 

Prof Maskuri juga menyatakan Unisma dengan keberagaman latar belakang agama dan budaya tersebut menjadikan mahasiswanya memiliki wawasan yang multikultural.

“Universitas Islam Malang tidak lagi kemudian membedakan-bedakan saya muslim, saya kristen, saya katolik, saya hindu, saya buddha. Semuanya bersatu sehingga disitulah kekuatan UNISMA dengan cross-culture. Cross-culture dari berbagai negara, dari berbagai agama, itu ada di Universitas Islam Malang sehingga mahasiswa kami punya wawasan yang sangat multikultural,” paparnya. 

Ia juga menyatakan bahwa kampus multikultural merupakan kampus yang dapat mengayomi berbagai kehidupan umat manusia untuk dapat menuntut ilmu. Unisma juga sangat terbuka dalam forum kerukunan umat beragama untuk mengisi kegiatan kampus.

Baca Juga : Hari Perhubungan Nasional, Kadishub Situbondo Optimis Tarif Baru Jangkar Lembar Rilis Tahun Ini

Di kesempatan sama, Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam sambutannya kepada mahasiswa baru Unisma menyampaikan,  perguruan tinggi sebagai jenjang pendidikan formal terakhir dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu berkontribusi dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut untuk mendalami disiplin ilmu dan memiliki potensi dan karakter penunjang seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan kepemimpinan, kreativitas dan problem solving.

Untuk membantu mahasiswa memperoleh kemampuan tersebut, Kemdikbud  telah menghadirkan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka yang merupakan sebuah terobosan baru yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di lingkup luar kampus dengan cara magang dan lain sebagainya.


Topik

Pendidikan unisma oshika 2023 rektor unisma menteri pendidikan mahasiswa baru unisma



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Asa Zakiyya Hafidh-Syafina Chandra Dewi

Editor

Dede Nana