Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

6 Instansi Ini Sudah Umumkan Formasi CPNS dan PPPK 2023 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - Sep - 2023, 16:40

Ilustrasi tes CPNS. (Foto: Google)
Ilustrasi tes CPNS. (Foto: Google)

JATIMTIMES - Seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan mulai dibuka pendaftarannya pada 17 September 2023. Hal tersebut sesuai dengan jadwal CASN 2023 yang tercantum dalam Surat BKN Nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023. 

Sementara itu, masing-masing instansi pemerintah akan mulai mengumumkan CASN mulai 16-30 September 2023. 

Baca Juga : Racun Bangkai Binatang, Strategi Raja Mataram Sultan Agung Taklukkan Kerajaan Surabaya

Meski pendaftaran belum dibuka, namun ada beberapa instansi pemerintahan dan lembaga yang sudah mengumumkan formasi CPNS 2023. Berikut ini daftar 6 instansi dan lembaga yang sudah mengumumkan kebutuhan CPNS maupun PPPK di lembaganya: 

1. Kejaksaan RI

Melalui akun resmi Biro Kepegawaian Kejaksaan, @biropegkejaksaan, Kejaksaan Republik Indonesia (RI) mengumumkan kebutuhan CPNS 2023 sebanyak 7.846 formasi.

Adapun total formasi CPNS sebanyak 7.846 yang dibuka Kejaksaan RI tahun ini terbagi untuk empat posisi. Di antaranya, Jaksa, Petugas Barang Bukti, Pengelola Penanganan Perkara, dan Penjaga Tahanan. Untuk rincian formasinya antara lain, berikut ini:

- Jaksa: 2.000 formasi

- Petugas barang bukti: 1.446 formasi

- Pengelola penanganan perkara: 2.142 formasi

- Penjaga tahanan: 2.258 formasi.

Selain CPNS, Kejaksaan RI juga akan membuka rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dengan total sebanyak 249 formasi.

 

2. Mahkamah Agung

Mahkamah Agung juga telah mengumumkan kebutuhan CPNS di lingkungannya. Di mana dalam lampiran XXXV Keputusan Menteri PANRB Nomor 544 Tahun 2023 tersebut, total ada 1.669 formasi dalam seleksi penerimaan CPNS di lingkungan MA tahun ini.

Rincian formasi tersebut terbagi dalam 2 jabatan dengan rincian sebagai berikut.

- Ahli Pertama-Pranata Peradilan: 25 formasi

- Kleker-Analis Perkara Peradilan: 1.644 formasi.

Rincian 25 formasi Ahli Pertama-Pranata Peradilan terbagi menjadi 14 unit penempatan. Antara lain sebagai Panitera Muda di kamar peradilan agama, perdata, pidana khusus, tata usaha negara, dan militer. Dari total sebelas unit penempatan butuh dua orang CPNS, sedangkan tiga lainnya hanya terbuka untuk satu formasi CPNS.

Sementara untuk posisi Kleker-Analis Perkara Peradilan, MA hanya membutuhkan satu orang CPNS untuk ditempatkan di pengadilan seluruh Indonesia. Oleh karenanya, satu unit penempatan terbuka untuk satu formasi CPNS saja.

 

3. BRIN

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga telah mengumumkan formasi CPNS 2023 yang dibuka di instansinya. Informasi tersebut disampaikan langsung melalui akun resmi @brin_indonesia. 

Dalam unggahannya, BRIN menyebutkan bahwa tahun ini lembaganya membuka sebanyak 500 formasi CPNS.

"Hallo Kawan BRIN Tahun ini BRIN membuka Seleksi Penerimaan CPNS untuk Formasi 500 Peneliti Ahli Muda Yuk gabung bersama BRIN !!! Info selengkapnya di CASN.BRIN.GO.ID," tulis dalam unggahannya. 

500 Peneliti Ahli Muda itu hanya untuk kualifikasi minimal S3. Sementara alokasi kebutuhannya hanya untuk CPNS. Dan dipastikan tidak ada pendaftaran untuk PPPK tahun ini. 

 

4. Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) juga telah mengumumkan kebutuhan CPNS 2023.

Informasi tersebut tertuang dalam media sosial X (Twitter) @cpnskumham dan situs resmi Seleksi Penerimaan CPNS Kemenkumham, cpns.kemenkumham.go.id.

Baca Juga : Berkas Lengkap, Pelaku Penganiayaan Siswa MTs di Blitar hingga Tewas Segera Disidang

Berdasarkan informasi yang disampaikan melalui media sosial dan situs resminya itu, Kemenkumham membuka sebanyak 2.578 formasi CASN pada tahun ini.

Jumlah formasi itu terdiri dari 1.015 formasi CPNS dan 1.563 formasi PPPK.

Meski begitu, Kemenkumham sejauh ini belum merincikan jabatan apa saja yang dibuka pada seleksi CPNS dan PPPK 2023.

Namun di sejumlah lini masa media sosial, sudah beredar tangkapan layar surat edaran yang merincikan formasi CPNS di lingkungan Kemenkumham.

Tangkapan layar surat bernomor SEK.2.KP.02.01-287 tertanggal 24 Agustus 2023 menyebutkan, bahwa ada sejumlah 1.015 formasi CPNS yang dibuka Kemenkumham pada tahun ini. Di mana jumlah tersebut dialokasikan untuk dua jabatan, yaitu Dosen dan Penjaga Tahanan.

Sementara sebanyak 1.563 formasi PPPK yang dibuka Kemenkumham dibuka untuk Tenaga Teknis dan Tenaga Kesehatan yang dialokasikan untuk Unit Pusat dan Kanwil.

 

5. KPK 

Selain BRIN, lembaga anti korupsi, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) juga telah mengumumkan alokasi CPNS mereka. Setidaknya KPK buka 214 formasi dalam rekrutmen CPNS 2023.

Pemberitahuan resmi pembukaan lowongan CPNS di lembaga antirasuah ini dapat ditemukan di situs resmi rekrutmen KPK, yaitu rekrutmen.kpk.go.id.

Namun untuk rincian formasi belum disampaikan secara detil. Pihaknya menunggu pendaftaran CPNS dibuka terlebih dulu. 

 

6. Kementerian Agama (Kemenag)

Kemenag juga menjadi salah satu instansi yang akan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2023 berupa CPNS dan PPPK. Melansir menpan.go.id, Kementerian PAN-RB telah menetapkan sedikitnya 4.125 formasi CPNS dan PPPK Kemenag 2023.

Rinciannya formasi CPNS dan PPPK Kemenag 2023 yakni sebagai berikut:

1. PPPK Guru: 2.296 formasi 

2. CPNS Tenaga Teknis: 1.469 formasi

3. PPPK Tenaga Kesehatan: 224 formasi

4. Dosen CPNS dan PPPK: masing-masing 68 formasi.

Demikian keenam instansi yang sudah membocorkan formasi CPNS dan PPPK yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Topik

Pemerintahan CPNS pppk tes cpns tes asn


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni