Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pencarian 8 Nelayan Prigi yang Hilang di Pantai Gayasan Blitar Terkendala Ombak Besar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Sep - 2023, 14:16

Pencarian nelayan Trenggalek yang hilang di Pantai Gayasan terus dilakukan Basarnas
Pencarian nelayan Trenggalek yang hilang di Pantai Gayasan terus dilakukan Basarnas

JATIMTIMES-Delapan nelayan asal Trenggalek yang dilaporkan hilang di Pantai Gayasan wilayah Blitar Selatan hingga kini belum ditemukan. Ombak besar jadi kendala bagi tim gabungan bersama Basarnas yang melakukan pencarian.

Dantim Basarnas Pos SAR Trenggalek Andris Tri Prasetya menyampaikan, dalam melakukan pencarian korban hilang pihaknya untuk sementara melakukan penyisiran di sekitaran titik kejadian. Penyisiran dilakukan di tiga pantai yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Gayasan yaitu Pantai Pangi di Kecamatan Bakung dan Pantai Tambakrejo di Kecamatan Wonotirto.

Baca Juga : Kamar Tidur di Wisma Kartowibowo, Saksi Bisu Dekatnya Hubungan Bung Karno dengan Pahlawan Pendidikan dari Blitar

"Untuk saat ini kondisi di Pantai Gayasan tidak memungkinkan untuk dilakukan pencarian karena ombahnya cukup besar. Jadi kami melakukan penyisiran di Pantai Pangi dan Pantai Tambakrejo untuk pos pemantauan," terang Andris, Jumat (8/9/2023).

Andris menambahkan, dalam proses pencarian pihaknya menyiagakan dua perahu karet. Selain itu, ada dua perahu jukung milik nelayan setempat yang ikut dikerahkan untuk mencari delapan korban hilang.

"Sesuai SOP, upaya pencarian akan dilakukan  selama 7 hari. Sementara hingga saat ini belum ada yang ditemukan," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, insiden kecelakaan laut dilaporkan terjadi di perairan pantai di Kabupaten Blitar. Dua buah kapal nelayan penangkap ikan asal Prigi Kabupaten Trenggalek terdampar dan terbalik di Pantai Gayasan di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga : Mahasiswa KKN Unisba Blitar Dorong UMKM di Desa Pandanarum Naik Kelas Melalui Sertifikasi Halal

Kronologi kejadian bermula pada Rabu tanggal 06 September 2023 kapal KM Fadilah/ Mandala berangkat dari Pantai Prigi Trenggalek. Kemudian pada pukul 21.00 wib cuaca berkabut tebal. Mereka hendak melakukan perjalanan kembali  ke Prigi dengan  menyusuri arah pulang lewat pesisir. Namun kemudian kapal terhempas ombak yang mengakibatkan kapal belakang terbalik sementara kapal induk terdampar di Pantai Gayasan barat Pantai Tambakrejo.

Dalam situasi panik tersebut, para ABK kemudian berupaya menyelamatkan diri masing-masing ke bibir Pantai Gayasan. Data yang diterima total ada 23 ABK. 18 berada di kapal induk sementara lima sisanya ada di kapal belakang. Di kapal induk ada 4 ABK yang dinyatakan hilang, sementara di kapal belakang juga ada 4 ABK yang hilang.


Topik

Peristiwa Pantai Gayasan laka laut nelayan Blitar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni