Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jokowi Yakinkan Investor: Siapapun Pemenang Pilpres 2024 Pembangunan Indonesia Terus Berlanjut

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

07 - Jun - 2023, 14:31

Placeholder
Jokowi saat berpidato di Singapura. (Foto dari Youtube sekretariat Presiden)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi pembicara dalam Ecosperity Week 2023 di Singapura, Rabu (7/6/2023). 

Di awal pidatonya, Jokowi melemparkan candaan soal siapa sosok yang akan memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia 2024.

Baca Juga : Memasuki Hari Kedua, Hasto Sebut Agenda Rakernas PDIP Bahas Pemenangan Pemilu 2024

Menggunakan bahasa Inggris, Jokowi bertanya kepada hadirin soal calon presiden yang akan menang Pilpres 2024. Candaan itu pun mengundang tawa para peserta acara.

"Saya akan memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya pada Anda. Siapa yang akan memenangkan pilpres mendatang? Ah, pidato yang salah. Mohon maaf," kata Jokowi sambil tertawa di Singapura, Rabu (7/6/2023).

Jokowi meyakini warga, akademisi, dan investor di Singapura pasti penasaran dengan hasil Pilpres 2024. Namun, ia pun mengaku tak tahu jawaban atas pertanyaan itu.

Meski demikian, Jokowi meyakinkan para investor bahwa pemenang Pilpres 2024 akan melanjutkan pembangunan. Menurutnya, pemegang investasi tak perlu khawatir dengan dinamika politik yang akan berlangsung.

"Teman kami di Singapura tentunya mengetahui kami dengan baik bahwa siapa pun yang akan memimpin Indonesia akan membuat negara yang besar ini menjadi powerhouse dan raksasa Asia," jelasnya.

"Jadi, semua akan baik-baik saja, kalian tidak perlu khawatir," kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi juga meyakinkan para investor yang sudah berinvestasi di Indonesia tetap aman, meski ada pergantian kepemimpinan. Dia juga memastikan keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai smart city yang dikelilingi alam.

"Investasi kalian di Indonesia akan terus aman dan juga keberlanjutan pembangunan IKN, kota pintar kelas dunia yang dikelilingi alam, kota hijau dengan 65 persen hutan, kota karbon netral pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan kelas dunia," tutur Jokowi.

"Nusantara akan jadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan berbisnis," imbuh dia

Baca Juga : Seskab Pramono Tanggapi Proposal Perdamaian Ukraina-Rusia dari Prabowo: Pasti Ada Niat Baik

Dalam forum itu, Jokowi juga menjanjikan kemudahan insentif bagi para investor di IKN. Jokowi menjanjikan memfasilitasi intensif sebaik mungkin untuk para investor. Sebab, menurut Jokowi, kesuksesan ekonomi dan keberlanjutan harus dikerjakan bersama-sama.

"Tentang insentif, itu mudah, mudah. Saya juga sebelumnya pebisnis, jadi jangan khawatir kami telah menyiapkan insentif fiskal, seperti tax holiday, non-collected PPn, super deduction tax, bea impor, kami telah melakukan segalanya, khususnya terkait energi hijau dan industri hijau, kami akan memfasilitasinya sebaik yang kami mampu," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebut Indonesia memilki banyak sumber daya Energi Baru Terbaharukan (EBT). Potensi tersebut hampir 434 gigawatt dari geothermal, angin, surya, biofuel, dan hidro. Ia memberi contoh dari potensi PLTA, Indonesia punya 4.400 sungai yang bisa menjadi potensi PLTA dengan 128 di antaranya merupakan sungai besar.

"Contohnya, sungai Kayan di Kalimantan, itu sumber energi hijau untuk kawasan industri hijau di Kalimantan Utara. ada potensi besar untuk memproduksi produk hijau dari industri hijau yang saat ini diprioritaskan di sektor hilirisasi, industri panel surya, industri baterai Electric Vehicle (EV), dan industri EV," kata Jokowi.

Diketahui hingga saat ini tahapan Pilpres 2024 telah berjalan. Pemungutan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024.

Saat ini, beberapa partai sudah mengajukan bakal calon presiden. Beberapa di antaranya adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. Akan tetapi, proses formal pendaftaran calon presiden baru akan dibuka akhir tahun ini.


Topik

Pemerintahan presiden jokowi investor pilpres 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana