Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Ternyata Segini Biaya Pengeluaran Warga RI untuk Beli Mi Instan Tiap Bulan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Jun - 2023, 18:24

Placeholder
Ilustrasi mi instan (pixabay)

JATIMTIMES - Mi instan menjadi salah satu makanan favorit di dunia, termasuk juga di Indonesia. Makanan ini banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. 

Dengan waktu penyajian yang cepat dan varian rasa yang beragam, makanan ini kerap dikonsumsi setiap waktu. Mulai pagi hari, siang hari bahkan hingga malam hari. 

Baca Juga : Viral, Pelanggan Telkomsel Emosional lantaran Nomornya Tiba-Tiba Migrasi ke Paket Pascabayar

Melihat betapa candunya makanan ini di dunia, khususnya juga di Indonesia, lantas, seberapa besar biaya yang dikeluarkan konsumen Indonesia untuk membeli mi instan setiap bulannya?

Sebuah survei yang dilakukan Katadata Insight Center, mengungkap, besaran biaya yang dikeluarkan para konsumen di Indonesia untuk membeli mie instan. 

Dari hasil survei, ada 27,1 persen responden di Indonesia yang mengeluarkan biaya Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu untuk membeli mi instan setiap bulannya.

Kemudian, ada responden yang mengeluarkan biaya sebesar Rp 30 ribu perbulannya untuk membeli mi instan. Presentasenya ada 19,5 persen. Kemudian, 14,5 persen responden mengeluarkan biaya Rp 50 ribu sampai Rp 80 ribu setiap bulannya untuk beli mi instan. 

Responden selanjutnya mengeluarkan budget Rp 80 ribu sampai Rp 110 ribu perbulan untuk membeli mi instan. Presentase responden yang mengeluarkan besaran biaya ini ada 8,8 persen.

Berikutnya, ada 5,7 persen responden yang mengeluarkan biaya untuk membeli mi instan sebesar Rp 110 ribu hingga Rp 140 ribu per bulannya. Kemudian 4 persen responden mengeluarkan biaya Rp 140 ribu hingga Rp 170 ribu untuk membeli mi instan setiap bulannya.

Baca Juga : Viral Haji Backpacker, Istirahat Pakai Tenda Terpal Saat Wukuf di Arafah

Dan terakhir, ada respon yang mengeluarkan biaya lebih dari Rp 200 ribu untuk membeli mi instan setiap bulannya. "Sebanyak 14,1 persen responden yang mengeluarkan biaya lebih dari Rp 200 ribu per bulan untuk membeli mi instan," kutip dari laman databooks katadata.

Sementara itu, survei ini dilakukan pada 26 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023 dengan melibatkan 667 responden yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun, 63,4 persen responden berada di wilayah Pulau Jawa, selain Jakarta, kemudian responden yang berada di Jakarta ada 14,4 persen dan Sumatra sebesar 10,9 persen.

Dari total responden tersebut, proporsinya terbagi 50,4 persen laki-laki dan 49,6 perempuan. Mereka pun terdiri dari berbagai rentang usia, mulai dari 25 hingga 34 tahun sebesar 28,2 persen. 

Kemudian, mereka yang berusia 35-44 persen ada 32,8 persen responden dan mereka yang berusia 45 sampai 54 tahun ada 22 persen responden. Sementara itu, pada survei ini menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI). Survei ini memiliki margin of error atau tingkat kesalahan 3,79 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.


Topik

Serba Serbi Mi Instan survey penggemar mi instan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni