Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Heboh Kapal Wisata Menuju Pulau Pari Tenggelam, 55 Penumpang Selamat

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Jun - 2023, 11:07

Placeholder
Tampak beberapa penumpang kapal yang tenggelam terapung di lautan. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan puluhan penumpang kapal yang terapung di Perairan Pulau Bokor, Kepulauan Seribu, Jakarta. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @kitasemuaadalahpenolong. 

Dalam video yang dibagikan nampak puluhan penumpang menggunakan rompi pelampung di tengah laut. Beberapa penumpang terlihat saling berpegangan tali pada kapal pelampung. 

Baca Juga : Perdana Menteri India Janji Beri Hukuman Berat Bagi Penyebab Kecelakaan Kereta Api Mematikan 

Di sebelah puluhan penumpang tersebut terlihat ada kapal motor yang siap mengevakuasi para penumpang yang terapung itu. 

Dalam keterangan video dijelaskan kapal motor yang mengangkut 55 wisatawan tenggelam di Perairan Pulau Bokor, Kepulauan Seribu, Jakarta. Diduga kapal tenggelam lantaran mengalami kebocoran di bagian belakang. 

"Kapal yang berangkat dari Dermaga Muara Kamal Tangerang, menuju Pulau Pari ini tenggelam usai mengalami kebocoran di bagian belakang," tulis keterangan akun tersebut. 

Beruntung seluruh penumpang berhasil diselamatkan oleh Tim SAR Gabungan. 

"Puji syukur keseluruhan korban dapat diselamatkan Tim SAR Gabungan," keterangan tulisan oleh video itu. 

Oleh karenanya Tim SAR mengimbau agar operator memastikan kapalnya layak pakai. 

"Himbauan untuk operator agar memastikan kapalnya layak dan menyediakan life jacket Selanjutnya, 55 penumpang yang selamat dibawa ke puskesmas di Pulau Pari untuk dicek kesehatannya," pungkas keterangannya. 

Baca Juga : Bangga, Video Jawara Lomba Video Pendek Perumda Tirta Kanjuruhan akan Dijadikan Media Promosi

Sontak unggahan itu menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang yang turut bersyukur penumpang selamat. 

"Itulah pentingnya pelampung, apalagi buat yang gak pandai berenang. Alhamdulillah selamat semuanya," @novinyharfatambu***. 

"Pasti jadi pengalaman yang gak akan terlupkan, niat mau liburan jadi basah semua barang-barangnya," @rhay_***. 

"Demi keuntungan biasanya ada sistem sedikit maksa harusnya mereka tau berapa kg bisa muat berapa orang dan harusnya setiap yang mau naik ditimbang (kalau ada yang mikir ga mungkinlah, mungkinlah kalau gak mau lebih rugi lagi) sudah prinsip ekonomi dlm berbisnis, memang setiap bisni ada rwsiko gang harus siap ditanggung, tapi ga ada salahnya kalau dicegah," @dee_****. 

Berdasarkan penelusiran peristiwa itu terjadi pada Sabtu, (3/6/2023) pada pukul 09.44 WIB dan korban berhasil dievakuasi pukul 11.12 WIB. Ke-55 penumpang diselamatkan petigas dengan menggunakan pelampunh yang diikat tali oleh petugas gabungan, lalu dievakuasi ke dalam kapal penyelamat (rescue boat) dan kapal Ambulans Gawat Darurat (AGD). 


Topik

Peristiwa pulau pari kapal tenggelam kepulauan seribu wisata



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri