Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

6 Tips Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut bagi Bumil 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Jun - 2023, 13:55

drg. Ratih Sisca, dokter Gigi di NDC Esthetic Dental Clinic  (foto: istimewa)
drg. Ratih Sisca, dokter Gigi di NDC Esthetic Dental Clinic (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kesehatan rongga mulut merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Itu karena wanita hamil rentan terhadap penyakit gingiva dan periodontal. 

Dokter Gigi di NDC Esthetic Dental Clinic drg. Ratih Sisca menjelaskan jika ibu hamil sampai terkena infeksi rongga mulut, dapat menyebabkan gangguan pada ibu maupun janin yang dikandungnya. Bahkan hal itu dapat menyebabkan kematian janin, kelahiran prematur maupun berat badan bayi lahir rendah.  

Baca Juga : Kemenkes Arab Saudi Kepincut Perawat dan Bidan Binaan BTSC

Dalam beberapa kasus kehamilan, tak jarang terjadi perubahan pada rongga mulut. Hal itu biasanya karena ada faktor perubahan hormonal, perubahan pola makan, perubahan perilaku dan berbagai keluhan seperti ngidam, mual, muntah. 

Oleh karenanya, ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang memerlukan perhatian khusus berkaitan dengan kesehatan mulut dan kesehatan calon bayi mereka. 

"Ibu hamil harus menyadari pentingnya menjaga kesehatan mulut selama kehamilan untuk dirinya sendiri serta janin yang dikandung sehingga dapat menghindari terjadinya penyakit mulut yang dapat mempengaruhi kehamilan," ungkapnya. 

Berikut ini dirangkum tips dari drg. Ratih Sisca untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil. 

1.       Sikat gigi secara rutin dan benar

Cara sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat hamil adalah rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Khusus ibu hamil, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan bebas alkohol guna menghilangkan plak sekaligus mengurangi risiko infeksi gigi pada bayi setelah lahir. Selain itu, ibu hamil juga harus menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan mengganti sikat gigi setiap 3–4 bulan sekali. 

2.       Lakukan flossing

Flossing adalah proses membersihkan gigi menggunakan benang gigi atau dental floss. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan kotoran gigi di bagian yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Rutin melakukan flossing sehari sekali dapat mencegah kerusakan gigi dan mengurangi risiko penyakit gingivitis.

3.       Gunakan obat kumur

Rutin menggunakan obat kumur antimikroba setelah gosok gigi di malam atau pagi hari juga bermanfaat untuk mencegah gigi rusak, membunuh bakteri penyebab bau mulut, dan mengurangi risiko penyakit gingivitis. Namun, pastikan obat kumur yang Ibu hamil gunakan bebas alkohol dan mengandung fluoride.

4. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Baca Juga : Ekspor Pasir Laut: 3 Menteri Jokowi Buka Suara

Makanan yang terlalu manis bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi. Oleh karena itu, kurangi dan batasi makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula, seperti kue, kecap, es teh manis, dan minuman bersoda.

5.       Makan makanan bergizi

Makan-makanan bergizi, cukupi asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin A dan C, magnesium, besi dan asam folat. Selain itu ibu hamil dapat mengonsumsi makanan tinggi kalsium, seperti keju, susu, yogurt, telur, bayam, sarden, dan salmon. Jangan lupa juga untuk menghindari rokok, alkohol, dan banyak minum air putih.

6.       Periksa ke dokter gigi

Ibu hamil juga perlu rutin berkonsultasi ke dokter gigi secara berkala untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya guna mendeteksi dini adanya karies, gingivitis, dan permasalahan gigi lainnya. Sebab menjaga kesehatan gigi dan mulut saat hamil sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lain, dan ini tidak boleh diabaikan.

Demikian tips menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk bumil. Semoga bermanfaaat. 


Topik

Kesehatan NDC Esthetic Dental Clinic drg Ratih Sisca dokter gigi di malang dokter gigi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri