Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Lingkungan

Peduli Lingkungan, SSC Inisiasi Gerakan Bersih Sungai dan Tebar Benih Ikan di Desa

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

21 - May - 2023, 15:37

Placeholder
Gerakan bersih sungai oleh SSC.

JATIMTIMES -  Deni Prasetya, pembina Saduluran Salawase Center (SSC)  menginisiasi gerakan bersih sungai dan tebar benih ikan. Dalam kegiatan bertema Menebar Kebaikan Menjemput Perubahan itu, SSC menggandeng sejumlah stakeholder.

Deni menjelaskan, pihaknya berkolaborasi bersama TNI-Polri, aktivis lingkungan, relawan kebencanaan, pelajar dan masyarakat luas di wilayah Jember. Kegiatan ini bentuk kepedulian masyarakat dan aparat terhadap kelestarian lingkungan.

Baca Juga : Penutupan Hotel Open BO di Tlogomas, Warga: Bukan Sekedar Perizinan Saja

"Sungai adalah sumber kehidupan. Karena itu. kalau sungainya bersih, maka kehidupan masyarakat akan sehat. Karena itu, kami mulai kegiatan bersih-bersih ini dari sungai," kata kader muda NU Kencong Jember,  ini.

Anggota Fraksi NasDem DPRD Jawa Timur ini menjelaskan kegiatan tersebut dalam rangka membangun kesadaran dalam pelestarian lingkungan hidup. Terutama menyasar kepada generasi muda.

Karena itu, SSC melibatkan pelajar dalam kegiatan bersih sungai ini. Hal itu untuk membangun kesadaran sejak dini dan memberi contoh secara langsung kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup.

"Kami memang menyasar generasi muda karena mereka lah penerus estafet bangsa. Kalau generasi muda punya kesadaran lingkungan, maka di masa depan lingkungan hidup tetap terjaga," ungkap tokoh pemuda Kencong ini.

Kader Ansor Jawa Timur tersebut menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya juga memberikan pengetahuan dasar tentang kebencanaan. Di antaranya dengan diskusi ringan tentang mitigasi kebencanaan.

Baca Juga : Heboh, Warga Malaysia Panic Buying Air Minum, Stok di Toko Ludes Diborong

Dengan demikian, lanjut Deni, masyarakat menjadi paham apa yang harus dilakukan saat bencana datang. Bahkan bisa mendeteksi sebelum bencana alam terjadi. Apalagi harus disadari, Jawa Timur mempunyai banyak gunung berapi aktif yang sewaktu-waktu bisa erupsi.

"Dengan pengetahuan mitigasi kebencanaan, kerugian yang lebih fatal bisa dihindari. Baik itu materiel maupun korban jiwa. Paling tidak masyarakat tidak panik dalam menghadapi bencana alam," pungkas Deni. 


Topik

Lingkungan Saduluran Salawase Center peduli lingkungan bersihkan sungai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy