Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Demi Kota Malang Ijo Royo-royo, Kader Lingkungan Satukan Visi Misi

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

18 - May - 2023, 18:17

Suasana halal bi halal Kader Lingkungan Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Suasana halal bi halal Kader Lingkungan Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kader Lingkungan (Kaderling) Kota Malang terus menguatkan diri guna menyosong program kedepan. Salah satunya dengan menyamakan visi misi dengan melakukan pertemuan sekaligus halal bihalal di tahun 2023.

Pembina Kaderling Kota Malang Wasto mengatakan, halal bihalal sendiri merupakan tradisi di negara Indonesia. Dalam hal ini pihaknya sebagai sebuah komunitas, Kader Lingkungan secara rutin menggelar halal bihalal, sekaligus mensolidkan diri untuk program ke depan.

Baca Juga : Lantik Puluhan Pejabat, Mas Dhito Minta ASN Lebih Responsif

“Dalam jangka pendek ini akan dilakukan pelatihan, agar kader bisa lebih meningkatkan kualitas dan kapasitas di lingkungan. Baik dalam tata cara penanaman, cangkokan, pemeliharaan pepohonan, buah-buahan termasuk bagaimana memanage persampahan di tingkat hulu,” beber Wasto, Kamis (18/5/2023) di Aula Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Sejauh ini, anggota Kader Lingkungan seluruh Kota Malang tercatat diperkiraan 5000 orang. Namun data persisnya masih bergulir terus. Dengan ribuan anggota itu, Wasto mengaku dalam waktu dekat akan menggelar pelatihan. “Pelatihan akan dilakukan perwakilan masing-masing kecamatan dan kelurahan. Nantinya kemampuan yang dimiliki dari pelatihan itu dapat berdampak ke lingkungannya,” ungkap Wasto.

Disinggung terkait pogram 2023, Wasto menjelaskan bahwa Kaderling lebih ke memotivasi terus menerus agar visinya bisa direalisasi. “Visinya yakni peduli tiada henti sehingga geraknya menjiwai insan kader lingkungan dan menumbuhkan kepedulian di masing-masing lingkungan,” pesan Wasto.

Sementara itu Ketua Kader Lingkungan Kota Malang Joao Maria Gomes De Carvalho mengaku, ia adalah orang baru. Karena sebelumnya ia hanya bermitra dengan Kaderling, namun sekarang harus melakoni.

“Pertama saya harus belajar juga, kedua karena Kaderling ini sudah 13 tahun berdiri, dengan semangat luar biasa tentu visinya agar lingkungan lebih baik,” kata pria yang akrab disapa Joe tersebut.

Mantan Camat Lowokwaru ini pun menjelaskan bahwa program untuk jangka pendek dan jangka panjang, Kaderling akan membantu dan bermitra dengan pemerintah daerah. Dalam hal ini untuk memperbaiki lingkungan dari semua aspek.

Baca Juga : Surya Paloh Tegaskan Johnny G Plate Tak Dipecat meski Jadi Tersangka Korupsi

“Kenapa dari segala aspek, kalau kita bicara tanah tentu dengan segala isinya, termasuk air dan udara. Ketika ketiganya ini bersih aman lestari, maka tugas Kaderling akan lebih ringan,” ungkap Joe.

“Yang lebih berat itu Kaderling menjadi inisiator, jadi motivator, fasilitator dan dinamisator. Nah setiap persoalan yang timbul pada lingkungan, Kaderling harus bisa memberi sumbangsih mencari solusinya,” imbuhnya.

Tedekat, saat ini Kaderling akan melakukan komunikasi dengan DLH Kota Malang, agar sinergi terus terbentuk. Karena pihaknya tidak ingin jalan yang dilalui justru bertolak belakang dengan pemerintah daerah.

“Kami akan rapat konsolidasi kedalam untuk program kedepan. Karena ngurusi lingkungan ini tidak bisa sendiri, intinya harus komunikasi dengan setingkat diatasnya,” tutup Joe.


Topik

Lingkungan kader lingkungan kota malang malang ijo royo royo wasto


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana