Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jadi Prioritas, DPRD Kota Malang Akan Bentuk Pansus untuk Rampungkan 3 Hal Ini

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

09 - May - 2023, 18:55

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Tiga persoalan menjadi prioritas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang untuk segera segera dirampungkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Ketiga hal tersebut juga menjadi rekomendasi panitia khusus (pansus) LKPJ wali kota Malang tahun anggaran 2022. 

Baca Juga : Tuntaskan Persoalan 3 Pasar Tradisional, Fraksi PKS Minta Pemkot Malang Lebih Tegas

Ketiga hal tersebut yakni soal jacking, pembebasan lahan di ruas jalan Ki Ageng Gribig, dan penuntasan 3 pasar (Pasar Gadang, Pasar Blimbing dan Pasar Besar).

"Sebenarnya banyak prioritas, tapi yang diseriusi dengan pansus ya tiga hal ini," jelas Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. 

Made menilai, ketiga hal tersebut memiliki dampak yang cukup besar bagi masyarakat. Untuk itulah, diperlukan pansus sebagai bentuk keseriusan. 

Persoalan jacking di Jl Bondowoso cukup berdampak pada saluran air di sekitarnya. Sehingga berdampak pada terjadinya banjir. 

Dalam hal ini, status titik tersebut sudah jelas ruang milik jalan (rumija) dan didukung dengan penjelasan dalam sertifikat. 

Hal itu juga ditegaskan saat DPRD melakukan hearing dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dan temuan itulah yang diramu untuk menjadi rekomendasi. 

"Jacking jadi banjir di daerah Galunggung tidak akan selesai. Intinya bersama mengeksekusi masalah itu. Anggaran sudah kita siapkan, Rp 1 miliar. Sesuai dengan permintaan," ujar Made.

Baca Juga : Dewan-Eksekutif Banyuwangi Tuntaskan Pembahasan Raperda JDIH

Sementara  belum tuntasnya pembebasan lahan di ruas Jalan Ki Ageng Gribig cukup berdampak pada munculnya kemacetan. Sebab  selain lalu-lintas jalan yang padat, akses tersebut sebagai jalur menuju exit tol Kedungkandang. 

"Terutama terkait exit tol sudah tiga tahun yang lalu. Jawabannya masih apraisal. Inilah yang kami perdalam di hasil pansus," jelas Made.

Sementara untuk penuntasan tiga pasar, Made mengatakan  tentu berdampak pada perekonomian masyarakat. Salah satunya Pasar Induk Gadang. 

"Kita malu sekali pada kondisi Pasar Gadang kita. Kondisi Pasar Gadang jalan seperti itu dan area berjualan pedagang tidak layak dan sangat harus segera diselesaikan," pungkas Made. 


Topik

Pemerintahan DPRD Kota Malang Pemkot Malang Tiga Pasar Kota Malang Jacking Kota Malang Jl Ki Ageng Gribig Kota Malang Kota Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy