Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kapasitas Penuh, Tahun Ini Gedung Depo Arsip Kota Batu Bakal Direnovasi Sekaligus Jadi Wisata Edukasi

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - May - 2023, 19:32

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Shanti Restuningsasi.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Shanti Restuningsasi.

JATIMTIMES - Gedung Depo Arsip Kota Batu yang berada di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu kini sudah tak mampu lagi menampung arsip-arsip penting yang dihasilkan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Batu. 

Karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu bakal merenovasi gedung Depo Arsip tahun ini. Karena kapasitasnya sudah penuh, akhirnya dokumen arsip ditampung sementara di kantor OPD masing-masing.

Baca Juga : Pineapple Festival 2023, Bupati Kediri: Fokus pada Hilirisasi dan Industrialisasi Nanas

“Untuk itu, kami mengusulkan untuk merenovasi gedung Depo Arsip,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Shanti Restuningsasi.

Renovasi gedung Depo Arsip itu mulanya sudah diusulkan sejak tahun 2019 silam. Kemudian Detail Engineering Design telah dirampungkan di tahun 2021.

“Kemudian realisasi pembangunannya dikerjakan tahun ini,” imbuh Shanti, Sabtu (6/5/2023).

Renovasi gedung Depo Arsip diperkirakan menelan anggaran kurang lebih mencapai Rp 4 miliar. Namun ke depan, gedung itu bukan hanya difungsikan untuk tempat penyimpanan arsip-arsip pemerintah daerah.

Ke depan pihaknya ingin menjadikan Depo Arsip sekaligus menjadi destinasi wisata edukasi. Karena itu perlu ada fasilitas penunjang, sehingga akan diberi tambahan suatu tampilan diorama.

Baca Juga : 7 Kampung Tematik di Kota Malang Disebut Mati Suri, Pokdarwis: Kita Lakukan Gerakan Donasi

Diorama itu nantinya bakal menyajikan rekam jejak sejarah Kota Batu. Termasuk asal usul nama desa/kelurahan yang ada di Kota Batu. Hal ini untuk merawat warisan sejarah yang menjadi memori kolektif untuk dimanfaatkan bagi kepentingan publik.

“Nanti materinya tentang sejarah Kota Batu seperti apa, kami akan menelusuri data-data arsip statis. Serta berkunjung ke desa/kelurahan,” tutup Shanti.


Topik

Pemerintahan Depo Arsip kota batu pemkot batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni