Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

April 2023 Retribusi Parkir Kota Batu Ada Kenaikan Dibanding Tahun 2022

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - May - 2023, 19:05

Kawasan parkir di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Kawasan parkir di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Retribusi parkir Kota Batu dalam empat bulan terakhir di tahun 2023 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 silam. Dinas Perhubungan Kota Batu mencatat pendapatan daerah retribusi parkir selama empat bulan ini sebesar Rp 353.900.000.

Jika dibandingkan tahun 2022 empat bulan pertama hanya sebesar Rp 237.027.000. Dengan demikian ada peningkatan mencapai Rp 100 juta lebih.

Baca Juga : Catatan LKPJ Wali Kota Malang, Fraksi PKS: Perlu Ada Inovasi untuk Capai Target Pajak

Sementara jika dilihat di bulan April tahun 2023 sebesar Rp 79,6 juta. Di bulan yang sama pada tahun 2022 lebih rendah yakni Rp 62,8 juta.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Imam Suryono mengatakan, tingginya pendapatan retriburi sektor parkir itu lantaran meningkatnya volume kendaraan di Kota Batu, khususnya di area Alun-Alun Kota Batu.

“Penyumbang pendapatan terbanyak masih di kawasan Alun-Alun Kota Batu,” ucap Imam. Bahkan saat libur lebaran di kawasan tersebut hingga terjadi overload.

“Karena memang volume kendaraan yang datang terhitung sudah overload,” tambah Imam. Sedangkan retribusi parkir tepi jalan umum, tahun 2022 ditarget sebesar Rp 8,55 miliar.

Target di tahun 2023 ini mengalami kenaikan sebesar Rp 9,49 miliar. Sedangkan untuk retribusi tempat parkir khusus, tahun 2022 ditarget Rp 550 juta dengan realisasi per 17 April 2022 sebesar Rp 29,3 juta.

Baca Juga : Warga Temukan Anak Terlantar di Jalan, Kapolsek Ngunut Turun Tangan

Sementara tahun 2023 ditargetkan sebesar Rp 2 miliar dengan realisasi pada periode yang sama sebesar Rp 36,49 juta atau meningkat 24,55 persen.

Agar tahun ini bisa memenuhi target, upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan retribusi parkir dengan berusaha meminimalkan kebocoran yang terjadi di tingkatkan juru parkir. “Masyarakat harus meminta karcis parkir setelah selesai memarkir kendaraan,” imbau Imam.

Menurut mantan plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu ini jika melihat volume kendaraan yang sangat besar, maka potensi parkir di Kota Batu juga sangat besar.


Topik

Pemerintahan Retribusi Parkir parkir kota batu pemkot batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni