Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Seleksi Penerima Beasiswa Teladan di UIN Malang Masuki Tahap Akhir

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

04 - May - 2023, 13:24

Placeholder
Proses seleksi penerima Beasiswa Teladan UIN Malang. (istimewa)

JATIMTIMES - Proses seleksi mahasiswa dari Jalur Beasiswa Teladan memasuki tahap akhir, Kamis, (4/5/2023). Pada seleksi tahap akhir ini, terdapat beberapa hal yang menjadi materi uji pada peserta. Materi tersebut yakni hafalan Al Qur'an, Qiroatul Kutub, seni dan olahraga.

Seleksi Beasiswa Teladan tersebut diikuti oleh 428 peserta yang terdiri dari 305 peserta calon mahasiswa pada prestasi tahfidz Quran, 85 orang calon mahasiswa pada prestasi Qiroatul Kutub, 20 orang calon mahasiswa pada prestasi olahraga, dan 18 orang pada prestasi seni.

Baca Juga : Tekan Inflasi di Kota Batu, 978 Pelaku Sektor Transportasi Terima BLT Rp 600 Ribu

Kabag Akademik UIN Maliki Malang H Imam Ahmad menyampaikan,  dalam Beasiswa Teladan 2023 ini, kuota penerimaan yang disediakan hanya 90 orang. Jumlah ini sedikit mengalami peningkatan Jiak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya kuota yang tersedia hanya 60 orang. 

Untuk itu, dengan adanya peningkatan ini, Imam  berharap akan lebih banyak mahasiswa berkualitas dan unggul yang terjaring. Agar dapat merealisasikan itu, pihaknya telah menekankan kepada para penguji agar melakukan seleksi ketat dalam menjaring peserta yang unggul dan berkualitas. 

Peserta yang berkualitas tentu diharapkan ke depan juga dapat menunjukkan aksinya dalam ajang nasional maupun internasional. Imbasnya, tentu juga akan berdampak pada lembaga. 

1

Sebelum seleksi offline dilaksanakan, semua peserta akan diverifikasi ulang. Pengecekan dilakukan oleh penanggung jawab ruang. Pelaksanaan ujian dilakukan gedung A antai 1 dan 2. 

Seleksi terkait olahraga dilakukan pada gedung yang dimiliki oleh UIN Malang, yakni Sport Center dan lapangan utama. Sebelum pelaksanaan tes, dilakukan screening atau kebugaran fisik dari peserta dengan melibatkan tim kesehatan. Dalam seleksi di bidang olahraga ini, UKM Unior UIN Malang dilibatkan. Sebab, mereka mempunyai kompetensi pada bidang olahraga.

Untuk diketahui,  para calon mahasiswa yang lolos dalam seleksi Beasiswa Teladan ini akan dapat menempuh perkuliahan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Biaya perkuliahan, baik itu ma'had dan UKT (uang kuliah tunggal) akan sepenuhnya ditanggung. 

Baca Juga : Ikuti Ajang Kreativitas Tingkat Nasional, Mahasiswa Bahasa Arab UIN Malang Sukses Bawa Medali Emas

Sementara itu, hasil seleksi dijadwalkan akan diumumkan pada 9 Mei 2023 di laman web PMB pmb.uin-malang.ac.id.  "Peserta yang tidak lolos Beasiswa Teladan ini akan ditawarkan masuk UIN  Malang lewat jalur mandiri," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Beasiswa Teladan UIN Malang UIN Maliki Malang seleksi Beasiswa Teladan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy