Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tak Memperkirakan Ada Kebakaran, Jadi Salah Satu Alasan Penyewa Kios Malang Plaza Tak Gunakan Asuransi

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - May - 2023, 21:00

Kondisi Malang Plaza pasca terjadi kebakaran. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Kondisi Malang Plaza pasca terjadi kebakaran. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Penyewa kios atau tenant di Malang Plaza tak memperkirakan bahwa akan terjadi kebakaran hebat hingga menghabiskan lapaknya. Hal itu yang membuat beberapa kios tak mengasuransikan usahanya. 

Hal tersebut didapati saat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang menghimpun data dari penyewa kios di Malang Plaza. Dalam hal ini, BPBD Kota Malang melakukan sampling kepada penyewa. 

Baca Juga : Manajemen Malang Plaza Berdalih Kebakaran adalah Force Majeure, Terbebas dari Tanggung Jawab?

"Ada yang kami tanyai. Ternyata tidak pakai asuransi. Mereka mengira berjualan di Malang Plaza akan aman-aman saja," jelas Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Malang Prayitno. 

Dari laporan yang ia terima, penyewa kios tersebut juga melihat bahwa di sekitarnya tidak ada pedagang makanan yang menggunakan dapur. Atau hanya sekadar menggunakan tungku dan kompor. 

"Penyewa itu berpikirnya, tidak ada pedagang pakai dapur yang menggunakan tungku atau kompor. Dan memang tidak mengira akan ada kebakaran," terang Prayitno. 

Prayitno menyebut, saat ini pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak manajemen Malang Plaza. Yakni untuk meyandingkan data, antara laporan yang diterima dengan data jumlah kios yang dimiliki manajemen Malang Plaza. 

Sampai saat ini, pihaknya telah menerima laporan dari 144 penyewa kios. Dengan total kerugian akibat kebakaran yang bermacam-macam. Yakni mulai dari jutaan hingga ada yang mengaku kerugiannya mencapai miliaran. 

Baca Juga : Satreskrim Polresta Malang Kota Periksa 3 Security Malang Plaza

Namun demikian hal tersebut masih belum dapat dipastikan. Apalagi ada sejumlah penyewa yang mengaku memiliki brangkas sebagai tempat penyimpanan barang berharga. 

"Infonya ada 42 brangkas. Kalau memang brangkasnya bisa menahan panas, ya bisa saja kerugiannya tidak sampai sebesar itu," jelas Prayitno. 


Topik

Peristiwa Kebakaran malang plaza kota malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni