Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Sebelum Pasang, Kenali Beragam Jenis Gigi Tiruan Ala NDC Esthetic Dental Klinik

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

03 - May - 2023, 12:57

Placeholder
Dokter Gigi di NDC Esthetic Dental Klinik, Drg. Wahyu Septian (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Sebab kesehatan gigi dan mulut akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Menurut Dokter Gigi di NDC Esthetic Dental Klinik, Drg. Wahyu Septian seiring bertambahnya usia, semakin besar pula kerentanan seseorang untuk kehilangan gigi. Hal itu terjadi, karena gigi mempunyai banyak peran pada seseorang. 

Baca Juga : Datangi Bengkel Viral yang Disebut Memeras Konsumen, Aparat Kepolisian: Kurang Komunikasi 

"Hilangnya gigi dari mulut seseorang akan mengakibatkan perubahan-perubahan anatomis, fisiologis maupun fungsional. Bahkan tidak jarang pula menyebabkan trauma psikologis. Keadaan ini berdampak pula pada meningkatnya kebutuhan akan gigi tiruan," ungkap Dokter Aan, sapaan akrab Drg. Wahyu Septian. 

Lebih lanjut Dokter Aan menyebutkan jika gigi tiruan bisa berfungsi untuk meningkatkan berbagai kemampuan. Mulai dari mengunyah, berbicara, memberikan dukungan untuk otot wajah, dan meningkatkan penampilan wajah dan senyum. 

Secara garis besar, kata Dokter Aan, gigi tiruan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gigi tiruan tetap dan gigi tiruan lepasan. 

Untuk gigi tiruan lepasan/removable denture (yang dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien) dibagi menjadi dua bagian, yaitu gigi tiruan lengkap dan gigi tiruan sebagian. Sedangkan gigi tiruan tetap/fixed yang disemenkan ke gigi pasien secara permanen dan ada juga yang dipasangkan secara permanen dengan implant. 

Berikut ini dibeberkan Dokter Aan berbagai jenis Gigi tiruan. 

1. Gigi Tiruan Lepasan

Gigi tiruan lepasan adalah bagian prostodonsia yang menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang atau seluruh gigi asli yang hilang dengan gigi tiruan. 

Gigi tiruan lepasan didukung oleh gigi, mukosa atau kombinasi gigi, mukosa dan yang dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien. Basis gigi tiruan sebagian lepasan dapat berupa akrilik, metal frame, dan valplast. 

a. Akrilik 

Basis gigi tiruan dengan bahan akrilik merupakan gigi tiruan dengan harga yang paling terjangkau. Namun mempunyai kekurangan, misalnya kurang estetik. Itu karena retensi yang digunakan pada gigi tiruan sebagian lepasan menggunakan klamer, sehingga dapat terlihat dan mengurangi estetik. 

b.Valplast 

Gigi tiruan dengan bahanvalplast memiliki karakteristik bahan yang lentur. Meski begitu, bahan ini kokoh dan tidak memerlukan kawat klamer sebagai penyangga, sehingga terlihat lebih estetik dibandingkan gigi tiruan lepasan dengan bahan akrilik.

c. Metal Frame

Baca Juga : Kakek di Tulungagung Ditemukan Tewas di Kamar, Lehernya Terikat Tali

Gigi tiruan kerangka logam lebih baik dibandingkan gigi tiruan akrilik, karena dapat dibuat lebih sempit, lebih tipis, lebih rigid, dan lebih kuat. Sehingga dapat dibuat desain yang tepat. 

Gigi tiruan kerangka logam mempunyai beberapa kekurangan seperti, kurang estetik, lantaran logam terlihat. Selain itu, proses pembuatan cukup rumit serta biaya lebih tinggi. 

2. Gigi Tiruan Cekat (Permanen)

a. Bridge Crown dan Maryland

Bridge Crown dengan bahan Porcelain Fused to Metal memiliki bahan yang kuat dan estetika yang baik. Gigi tiruan ini dipasang secara permanen ketika kondisi gigi kita keropos, bolong / berlubang, atau tanggal. 

Memasang gigi secara permanen disamping memiliki keuntungan, juga mempunyai resiko sendiri. Agar bisa terpasang secara permanen harus mengurangi ukuran gigi sebelahnya sebagai attachment. 

b. Implant

Sistem implant merupakan sistem pemasangan gigi palsu terkini. Implant dipasang dengan cara menanamkan gigi palsu ke dalam gusi. Namun pemasangan gigi palsu dengan implan ini lebih rumit dan perlu persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum pasien melakukan implan gigi.

Jadi bagi Kamu yang akan memasang gigi tiruan, pastikan untuk beekonsultasi lebih dulu dengan ahlinya yakni dokter gigi. Atau segera kunjungi NDC Esthetic Dental Klinik yang sudah memiliki 8 cabang di Malang hingga Pandaan. 


Topik

Kesehatan dokter gigi wahyu septian NDC Esthetic Dental Klinik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya