Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Otomotif

Agar Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran, 7 Hal ini Wajib Dicek

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Dede Nana

01 - May - 2023, 17:01

Placeholder
Agar Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran, 7 Hal ini Wajib Dicek. Foto: (Dok. MPM Honda Jatim For JatimTIMES)

JATIMTIMES - Seperti halnya persiapan sebelum perjalanan mudik Lebaran, maka sepeda motor juga perlu dilakukan pengecekan kembali setelah dipakai untuk perjalanan mudik mengunjungi rumah sanak saudara atau pulang ke kampung halaman  yang membuat banyak orang rela berkendara menempuh jarak hingga puluhan atau bahkan ratusan kilometer. Pengecekan ini diperlukan agar  sepeda motor siap dipakai untuk beraktivitas  kembali.

Technical Service Division Head MPM Honda Jatim M Bondan Priyoadi memberikan beberapa tips pengecekan motor setelah dipergunakan mudik Lebaran. Ada 7 komponen yang wajib di cek meliputi Cek Oli dan Coolant, Cek Ban, Cek Rem, Cek Lampu, Cek Busi, Cek Filter udara, Cek Rantai atau V belt.

Baca Juga : Berpose Tak Pantas Saat Menari di Pura Bali WNA Rusia Akhirnya Ditangkap

Cek kondisi oli mesin dan Coolant. Penggantian pada oli mesin ada baiknya diganti setiap jarak tempuh dengan kelipatan 4.000 km. Dan pengguna motor dengan mesin berpendingin cairan, kondisi radiator coolant perlu diperiksa secara rutin.

Kemudian periksa ban meliputi tekanan angin ban serta kondisi  atau kedalaman alur atau kembangan ban harus diperhatikan tanda TWI (Tire Wear Indikator) yang ada pada ban luar motor, apakah ban sudah aus atau tidak.

Berikutnya yang tak kalah penting mengenai kampas rem depan dan belakang. Kondisi kampas rem yang telah aus dibatas normal menyebabkan fungsi pengereman berkurang. Untuk keselamatan berkendara maka sebaiknya segera ganti kampas rem apabila indicator telah menunjukan batas keausan kampas rem, baik rem depan maupun rem belakang. 

Selanjutnya  cek lampu kendaraan serta pengechekan dan pergantian part – part berkala lainnya jika diperlukan, seperti busi, filter udara , rantai atau V belt untuk kendaraan matic.

“Pengecekan untuk sepeda motor yang telah dipakai untuk perjalanan jauh tidak semata-mata hanya untuk menjaga performa sepeda motor untuk tetap optimal, namun juga dapat menjaga keselamatan pengendara dalam menggunakan sepeda motor. Untuk memastikan seluruh bagian sepeda motor selalu dalam kondisi optimal, segera bawa sepeda motor Honda ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan dari mekanik Honda berpengalaman.” kata Bondan.

Baca Juga : Bisa Jadi Referensi Pedagang Kue, Ini Kue yang Paling Disukai Saat Lebaran

Manfaatkan layanan cepat Pit Express yakni layanan khusus untuk penggantian ban, oli dan fast moving part lainnya seperti busi, gear set dan lainnya cepat tanpa antri. Konsumen tidak perlu menunggu lama jika ada penggantian part tersebut.

Dengan service di AHASS, jaminan Honda Genuine Part (HGP) yang asli dan ditangani oleh mekanik mekanik terlatih dan bersertifikasi. AHASS juga dilengkapi dengan alat kerja modern berstandar Honda, sehingga memberikan jaminan kualitas pengerjaannya


Topik

Otomotif mpm honda jatim cek kendaraan bengkel ahass



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Dede Nana