Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Perbaikan Jalan Rusak di Kabupaten Blitar Dikebut Jelang Lebaran 2023

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

01 - Apr - 2023, 16:43

Placeholder
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso.(Foto : Pemkab Blitar)

JATIMTIMES - Perbaikan jalan di Kabupaten Blitar dikebut jelang hari raya Idul Fitri 2023. Perbaikan ini dilakukan untuk memperlancar arus mudik jelang lebaran dan memberikan kenyamanan masyarakat  saat lebaran nantinya.

Ya, perbaikan jalan yang digenjot oleh Pemkab Blitar ini menjadi jawaban bagi masyarakat. Sebelumnya, dalam beberapa waktu terakhir masyarakat kerap mengeluhkan kerusakan infrastruktur jalan di media sosial. Keluhan itu dijawab secara lugas oleh Pemkab Blitar dengan melakukan perbaikan jalan mulai akhir bulan Maret 2023.

Baca Juga : Berita Duka, Ketua Umum MUI DKI Munahar Muchtar Meninggal Dunia

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar Dicky Cobandono menyampaikan, perbaikan jalan rusak di periode ini menyasar beberapa wilayah di Kabupaten Blitar. Agar tepat sasaran dan tepat guna, sebelum jalan diperbaiki Dinas PUPR menerjunkan tim untuk meninjau lokasi.

"Sesuai dengan data, pengerjaan jalan rusak pada tahun 2023 hampir menyeluruh di setiap wilayah. Namun, pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Dan perlu diketahui, sebelum kita melakukan perbaikan jalan, petugas terlebih dahulu  turun ke lapangan meninjau lokasi. Baru kemudian, dilakukan perbaikan jalan yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan diantaranya Hotmix ataupun Cor Beton," kata Dicky.

Dicky menambahkan, di akhir bulan Maret 2023 ada tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Blitar yang menjadi trial perbaikan jalan rusak menggunakan jenis pekerjaan Laston AC-WC (Hotmix). Ketiga kecamatan itu masing-masing Sutojayan, Ponggok dan Kademangan.

Wilayah Kecamatan Sutojayan pengerjaan jalan Kedungbunder sampai Pandanarum sepanjang 800 meter. Setelah selesai, akan dilanjutkan ke ruas jalan Jegu sampai Kaulon dengan panjang 800 meter. Ada pula perbaikan jalan yang sudah selesai yaitu wilayah Kecamatan Ponggok meliputi Bacem sampai Sidorejo dengan panjang 600 meter. Dan, akan dilanjutkan ke ruas jalan Ringinanyar sampai Bacem sepanjang 1000 meter. 

 "Lalu, untuk Kecamatan Kademangan yang masih proses pengerjaan ialah ruas jalan Kademangan sampai Darungan sepanjang 1000 meter. Jika sudah selesai, petugas akan geser ke ruas jalan Kademangan sampai Dawuhan dengan panjang 800 meter," jelasnya.

Lebih lanjut Dicky menyampaikan, perbaikan jalan di periode ini Dinas PUPR masih fokus di tiga lokasi. Namun demikian pihaknya memastikan perbaikan jalan akan dilanjutkan ke sejumlah ruas jalan lain setelah pengerjaannya rampung. Perbaikan di wilayah lain akan menyesuaikan dengan data yang masuk dan usulan dari masyarakat. 

Baca Juga : Bandara Juanda Gunakan Metode Nontunai Mulai Hari Ini, Terapkan Percepatan Digitalisasi

"Sesuai dengan petunjuk Ibu Bupati Blitar Mak Rini, perbaikan jalan di seluruh wilayah harus merata tidak boleh pilih-pilih. Dan, yang perlu diperhatikan adalah tentang jenis pengerjaannya karena ada ruas jalan yang harus menggunakan cor beton dan hotmix, Nah untuk pengaspalan hotmix kita lakukan pada malam hari karena kondisi jalanan lebih kondusif dibandingkan siang hari. Untuk pengaspalan hotmix kita dari Dinas PUPR banyak menurunkan alat berat ke lokasi, sehingga jika dikerjakan pada siang hari maka akan menggangu aktivitas pengguna jalan,” tutupnya.

 Terpisah, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, perbaikan jalan rusak di Kabupaten Blitar sudah dimulai pada bulan Maret 2023. Perbaikan diawali dengan pekerjaan pengaspalan hotmix di depan Kantor Kecamatan Ponggok dan jalan desa di Desa Darungan Kecamatan Kademangan. Rini memastikan di awal tahun ini Pemkab Blitar telah menyiapkan anggaran Rp 98 miliar untuk perbaikan jalan di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.

“Untuk yang lainya sekarang sedang dalam tahap administrasi, termasuk lelang. Khususnya untuk pekerjaan beton di wilayah Blitar selatan sesuai petunjuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus melalui uji coba kualitas dulu, agar kualitas pekerjaan bisa terjamin.  Sehingga ini membutuhkan tambahan waktu untuk pengerjaanya,” kata Rini.(Adv/Kmf)


Topik

Pemerintahan Blitar Rini Syarifah mudik Dicky cobandono



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya