Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Pemerintah Banyuwangi Terus Berupaya Kendalikan dan Turunkan Kasus HIV

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

25 - Mar - 2023, 16:20

Placeholder
Amir Hidayat, plt kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi, (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berharap penyebaran human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS), terutama di kelompok lesbian gay biseksual dan transgender (LGBT), bisa dikendalikan. Sebab, kasus tersebut menjadi atensi khusus semua pihak proporsi penderita HIV/AIDS dari LGBT relatif meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut PLt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi Amir Hidayat, saat ini lebih dari 27 persen dan diharapkan bisa dikendalikan serta diturunkan.

Baca Juga : Stok Telur Daging Ayam dan Daging Sapi di Banyuwangi Aman untuk Bulan Ramadan Sampai Lebaran

“Ada beberapa upaya yang sudah kami lakukan antara lain dengan mengadakan sosialisasi bersama dan pendampingan untuk melakukan aktivitas seks yang aman. Untuk melakukan pencegahan dengan  tidak melakukan hubungan seks di luar nikah (abstinensia), saling setia pada pasangan (be faithful), memakai kondom, tidak menggunakan obat-obatan terlarang (no drug) dan lain sebagainya,” jelas Amir.

Dia menuturkan sosialisasi dan edukasi merupakan bagian dari upaya yang akan terus dilakukan bersama dengan kelompok-kelompok rentan yang tampak trennya mengalami peningkatan.

Lebih lanjut Amir menambahkan, untuk jumlah angka penderita HIV/AIDS di wilayah Banyuwangi tidak di-update tiap bulan tetapi dirilis satu kali dalam setahun.

Beberapa kecamatan dengan sebaran kasus HIV terbanyak di kota yang dikenal sebagai serpihan tanah surga bagi wisatawan itu antara lain  Muncar, Banyuwangi, Srono dan kecamatan Rogojampi.

“Berdasarkan data yang ada, 30 persen kasus HIV merupakan pelanggan atau pengguna jasa layanan seksual komersial, 28 persen pasangan risiko tinggi dan 28 persen lelaki seks lelaki (LSL),” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya,  Neni Viantin Diah Martiva, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi, memberikan apresiasi atas langkah cepat dan tegas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama dengan instansi  terkait dalam membatalkan rencana acara Diskusi dan Dialog Pelangi Laros bekerja sama dengan G.A.Y.a Nusantara Surabaya di salasatu Resto dan Cafe  Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Dinkes Banyuwangi Pastikan Bahan Makanan dan Minuman Ramadhan Street Food Bebas Bahan Berbahaya

Selain itu, sebagai politisi perempuan dia juga mengapresiasi kepedulian aktivis Banyuwangi yang tergabung dalam Majelis Silaturahim Aktivis Islam (MSAI) Kabupaten Banyuwangi bersama dengan sejumlah elemen masyarakat menggelar pertemuan dan menyatakan sikap menolak dengan tegas eksistensi Lesbian gay biseksual dan transgender (LGBT) di Banyuwangi.

 “Saya memberikan apresiasi kepada Bakesbangpol dan instansi terkait yang melarang pertemuan komunitas LGBT di Banyuwangi. Langkah tersebut merupakan upaya pencegahan karena Banyuwangi dikenal sebagai daerah yang banyak pondok pesantren dan masyarakatnya yang agamis,” jelas Neni, Kamis (16/3/2023).

Selain potensi mencoreng nama baik Banyuwangi, lanjut dia, yang membuat miris dalam beberapa waktu terakhir belum mampu meredam terjadinya peningkatan dugaan tindak kekerasan seksual dan pencabulan terhadap anak.

”Muncul hal baru yang membuat resah masyarakat Banyuwangi, makanya saya acungkan jempol kepada Bakesbangpol bersama instansi terkait yang sigap dan cepat mengambil langkah mengetahui ada undangan kegiatan yang jelas-jelas menamakan kelompok LGBT,” jelas Neni.


Topik

Kesehatan Banyuwangi HIV AIDS



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy