Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Menarik untuk Dipelajari, Fenomena Perkembangan Media Informasi Masa Kini

Penulis : Redaksi - Editor : Redaksi

24 - Mar - 2023, 08:55

Placeholder
Ilustrasi perkembangan media informasi (foto by idntimes.com)

JATIMTIMES- Media informasi masa kini telah mengalami banyak perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Dulu, media informasi hanya terbatas pada koran, majalah, radio dan televisi. Namun dengan adanya internet, media informasi semakin berkembang dan semakin banyak jenisnya. Beberapa jenis media informasi yang populer saat ini adalah situs web semacam Sang Hamba, media sosial, blog,  podcast sampai video streaming. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang media informasi masa kini.

Perubahan di Industri Media

Baca Juga : Warga Muslim +62 Lebih Pilih Masak Sendiri Saat Sahur dan Buka Puasa 

Kemajuan teknologi telah membuat perubahan besar dalam industri media. Banyak koran dan majalah yang telah beralih ke format digital dan mengurangi edisi cetak mereka.

Akses Mudah dan Cepat

Salah satu keuntungan dari media informasi masa kini adalah akses yang mudah dan cepat. Kita bisa mengakses berbagai jenis informasi hanya dengan genggaman ponsel pintar atau membuka laptop. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dengan mudah dan cepat. Berita terbaru dan perkembangan terkini bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Sumber Primer

Di era media informasi masa kini, sumber informasi tidak selalu dapat dipercaya. Banyak Berita palsu atau hoax yang beredar di internet dan media sosial. Oleh karena itu, kita perlu bijak dalam memilih sumber informasi yang terpercaya. Mengonsumsi informasi dari sumber yang terpercaya dan memverifikasi informasi yang didapat sangat penting agar kita tidak terjebak pada informasi yang salah atau mengambil keputusan yang salah.

Peran Media Social dalam Membentuk Opini Publik

Media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik. Banyak orang yang mengandalkan media sosial untuk mendapatkan informasi terbaru dan berdiskusi dengan orang lain tentang topik-topik tertentu. Namun, kita perlu berhati-hati dalam mengonsumsi informasi dari media sosial karena informasi yang tersebar di sana tidak selalu akurat dan terkadang bisa sangat mempengaruhi pandangan kita terhadap suatu topik.

Peningkatan Konsumsi Video Online

Baca Juga : Paceklik Jadi Penyebab Pertama Hubungan Sesama Jenis Kaum Luth Dimulai

Konsumsi video online semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir, video online telah menjadi salah satu jenis media informasi yang paling populer. Banyak orang yang lebih suka menonton video daripada membaca teks atau artikel. Video online juga menjadi sarana yang populer untuk mengonsumsi berita dan informasi terkini.

Adanya Kebebasan untuk Menciptakan Konten

Di era media informasi masa kini, siapa pun bisa membuat konten dan membagikannya ke seluruh dunia. Blog, vlog, podcast di platform media sosial telah member kesempatan bagi siapa saja untuk mengekspresikan diri dan berbagi pengetahuan dengan orang lain. Ini juga berarti bahwa kebebasan berekspresi semakin besar, namun tentunya tetap harus memperhatikan etika dan nilay moral dalam berkreasi dan berbagi informasi.

 

 


Topik

Serba Serbi media informasi Media Masa Kini Perubahan Media Media Informasi Masa Kini



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Redaksi

Editor

Redaksi