Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ruang Mahasiswa

Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Sarana Pengembangan UMKM Dusun Mentaraman

Penulis : Wahyu Dwi Pambagyo - Editor : Redaksi

22 - Mar - 2023, 11:14

Placeholder

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau yang sering disebut dengan PMM merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam hal ini mahasiswa dituntut harus memiliki jiwa sosial dalam hal mengembangkan potensi-potensi yang terdapat dalam ranah masyarakat, maka daripada itu program kerja yang kami bawa yaitu berkaitan dengan pengembangan UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) yang terdapat di Dusun Mentaraman, Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. 

Kami dari kelompok 56 melakukan seminar yang bertemakan “ Sosialisasi pengenalan media online sebagai online market”. Adapun pemateri tersebut merupakan mahasiswa semester 6 Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang. Selain daripada program kerja kami yang berkaitan dengan pengenalan media online sebagai online market, kami juga membawa program kerja yang berkaitan dengan memberikan abate kepada masyarakat dan membantu masyarakat dalam kesuksesan posyandu balita dan lansia secara rutin dan kami juga membantu meningkatkan fasilitas Dusun Mentaraman sesuai dengan masyarakat harapkan. 

Mahasiswa PMM Kelompok 56 Gelombang 1, Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Malang 

 Berdasarkan riset serta data yang kami peroleh sebelumnya, UMKM di Dusun Mentaraman rata-rata bergerak dalam bidang kuliner, minuman, dan juga kerajinan, Namun dalam hal penggunaan sistem pengenalan produk maupun penjualanya masih tergolong kurang optimal. Dengan begitu kami melihat adanya potensi serta peluang usaha yang seharusnya mampu di kembangkan lebih luas yang kami rasa perlu adanya pengenal ke dunia digital lebih mendalam hal ini juga berkaitan dengan upaya kami dalam pengembangan usaha di Dusun Mentaraman tersebut. 

Kegiatan tersebut diawali dengan adanya penyampaian materi mengenai repacking kemasan produk, memberi pengetahuan kepada UMKM mengenai perizinan usaha serta penggunaan E-Commerce Shopee, Tokopedia untuk memasarkan produk UMKM tersebut. selanjutnya di akhir acara para peserta pelatihan diberikan masing-masing desain packing yang sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam melakukan perizinan. Dalam seminar tersebut, masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut terbilang antusias serta memberikan respon yang positif kepada kami “ Kegiatan mengenai penggunaan E-commerce dalam memasarkan produk mereka ke dalam dunia digital, hal ini menginspirasi masyarakat Dusun Mentaraman”. Maka daripada itu masyarakat Dusun Mentaraman tersebut memberikan kami feedback yang baik setelah mengikuti seminar tersebut.

  Dengan terlaksananya seminar pembekalan tersebut ini kami harapkan kepada para pelaku UMKM di Dusun Mentaraman dalam memperkenalkan usaha mereka kepada khalayak yang lebih luas sehingga pelaku usaha mendapatkan banyak peluang yang lebih besar dalam hal mengembangkan produk mereka ke dalam E-Commerce 

 


Topik

Ruang Mahasiswa Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Sarana Pengembangan UMKM Dusun Mentaraman



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahyu Dwi Pambagyo

Editor

Redaksi