Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Santuni Imam Mushola-Dhuafa Hingga Anak Yatim, Rumah Sedekah NU Launching Kartu Anak Mandiri

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Mar - 2023, 18:46

Santunan Imam Mushola, Dhuafa dan anak yatim yang dilakukan Rumah Sedekah NU bersama para donatur (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Santunan Imam Mushola, Dhuafa dan anak yatim yang dilakukan Rumah Sedekah NU bersama para donatur (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU) bersama para donatur tak henti-hentinya melakukan kegiatan sosial. 140 imam musala, 15 kaum dhuafa dan 40 anak yatim piatu di Malang Raya mendapatkan santunan yang diberikan langsung di Rumah Sedekah NU, Selasa (21/3/2023). 

Para imam musala ini mendapatkan santunan berupa bingkisan berupa sarung, baju koko hingga difasilitasi pengobatan atau pemeriksaan kesehatan gratis. Sedang untuk para anak yatim, mendapatkan santunan uang tunai dan juga dana pendidikan.

1

Inisiator Rumah Sedekah NU, KH Noor Shodiq Askandar, menjelaskan, khusus anak yatim, selain mendapatkan santunan ini, juga mendapatkan bantuan lanjutan per semester. Bantuan lanjutan per semester ini kiranya sebesar Rp 300 ribu per anak. 

Baca Juga : Beda dengan Tahun Sebelumnya, Dinsos Kota Kediri Selenggarakan Rakor Penyaluran BPNT melalui Himbara dan PT Pos

"Kita launching juga Kartu Anak Mandiri, sehingga santunan tak hanya satu kali, tapi diberikan berkelanjutan," terangnya.

Bantuan ini akan diberikan kepada anak sampai sampai lulus sekolah dasar. Tetapi, dalam proses pembelajaran juga dilakukan pemantauan raport belajar, sehingga manakala nilai belajarnya kurang, maka akan terus dimotivasi.

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan, para anak yatim nantinya juga akan mendapatkan pendampingan dari para santri Manbaul Ulum. Setiap santri nantinya akan membina satu anak yatim dan setiap minggunya rutin akan dikunjungi untuk terus melakukan pembinaan atau pendampingan.

2

"Ini polanya baru, anak yatim tidak hanya disantuni, tapi juga diberikan pendampingan. Bantuan diberikan sampai lulus SD, tapi nantinya akan dievaluasi lagi, apakah bantuan ini diteruskan sampai SMP atau tidak," ungkapnya.

Baca Juga : Ganggu Estetika, Rumah Pohon di Depan Masjid Al-Ikhlas Kota Malang Dibongkar

Sementara itu, santunan untuk para imam musala ini, baik berupa sarung, baju koko dan yang lainnya, tentu diharapkan membawa imbas positif. Terlebih dalam kegiatan ibadah. Seperti diketahui, tak lama lagi memasuki bulan Ramadan. Pada bulan suci ini diharapkan mereka menyambut dengan suka cita.

3

"Mereka memasuki Ramadan dengan ceria, lebih senang, masuk dengan percaya diri, sehingga ibadahnya jadi lebih baik," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Rumah Sedekah NU NU nahdlatul ulama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni