Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Jelang Ramadan, Belasan Pendekar SH Terate di Tuban Geruduk Pesantren dan Tempat Ibadah

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : A Yahya

20 - Mar - 2023, 21:23

Placeholder
Aksi Pendekar SH Ternate di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban (20/3/2023)(Foto Ahmad Istihar/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sekelompok pendekar silat dari Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate), Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, geruduk pesantren dan tempat ibadah di lingkungan desa ae tempat. Para pendekar Ini datang sembari membawa alat kebersihan, berupa sapu, alat pel, sabit hingga cangkul,Senin (20/3/2023). 

Kedatangan mereka tak lain, untuk melanjutkan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Rayon Margomulyo, (sebutan tempat latihan silat tingkat desa) sebagai bentuk bakti sosial, terhadap lingkungan sekitar menjelang datangnya bulan suci Ramadan. 

Baca Juga : Bupati Sidoarjo Targetkan 2.400 Program KURMA di 18 Kecamatan Terwujud Tahun Ini

“Ini sudah menjadi agenda rutin dan tradisi setiap tahun, kami bersih bersih sarana ibadah, dan pesantren di desa kami sebelum Ramadhan,” ujar Ketua Ranting, Margomulyo, Muhammad Imam. 

Menurut Imam, ada sedikitnya 19 orang, yang terlibat kegiatan bakti sosial ini,termasuk warga SH Terate dan pamter selain siswa di Rayon Margoulyo. 

Kegiatan tandai dengan Persiapan di balai desa Margomulyo, belasan pendekar silat ini berjalan kaki menuju pondok pesantren Tanwirul Qulub, Lalu, Ponpes An Nihaya, Mushola Mag Suro Winong, dan masjid Sirojul Munir Margomulyo. 

“Semoga dengan aksi ini sarana ibadah menjadi bersih Menjelang Ramadhan, harapanya lebih nyaman saat digunakan beribadah masyarakat saat Ramadan besok,” terang Imam. 

Sementara itu, aksi para pendekar ini juga mendapatkan apresiasi dari warga sekitar, tidak sedikit dari warga yang kemudian melibatkan diri bergabung, hal ini dibuktikan oleh warga dengan  memberikan air minum untuk pendekar.

Para Pendekar menyisir sudut sudut tempat ibadah, membersihkan rumput, menyapu halaman hingga membersihkan sarang laba laba yang ada didalam tempat ibadah. 

Baca Juga : Ide Bisnis Datangkan Cuan di Bulan Ramadan

Ketua Ranting, SH terate, Kecamatan Kerek, Sunarto mengungkapkan, aksi bersih bersih sarana ibadah adalah untuk membiasakan kepada siswa dan warga SH terate, agar dapat menjalankan ajaran dengan baik, salah satunya adalah Memayu Hayuning Bawana, yakni menjaga dan memperindah keindahan dunia, tidak saja scara lahir namun juga batin.  

“Semoga melalui aksi ini dapat mendidik kita semua khususnya para siswa SH terate, bahwa kita harus berguna bagi lingkungan,”tandas Sunarto

 


Topik

Ekonomi Pendekar tuban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

A Yahya