Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemdes Tenggong Salurkan 23 Kambing, Ini Harapan Kades

Penulis : Anang Basso - Editor : Dede Nana

20 - Mar - 2023, 16:10

Placeholder
Penyerahan bantuan ternak kambing ke warga Tenggong, Kecamatan Rejotangan / Foto : Dok Desa For Tulungagung Times / Tulungagung Times

JATIMTIMES - Pemberian bantuan ternak kambing kepada 23 warga dilakukan Pemerintah Desa Tenggong, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Senin (20/3/2023).

Pemberian bantuan ternak kambing ini dilaksanakan di kantor Desa Tenggong yang sebelumnya diberikan pelatihan pada penerima.

Baca Juga : Tak Hanya Canggih, Tools AI Ini Dapat Membantu Menambah Penghasilan!

Diselenggarakan dengan tema Bimbingan dan Pelatihan Budidaya Kambing, kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Dalam kegiatan pelatihan ini, Pemdes Tenggong menghadirkan Roni, seorang pemateri dari Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung.

Kepala Desa Tenggong Saji mengatakan, pemberian 23 ekor kambing ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2022 lalu Pemdes Tenggong memberikan 26 ekor ternak ke warganya.

"Tahun lalu ke RT dan RW dan tahun ini ke warga masyarakat," kata Kepala Desa Tenggong yang juga pengusaha bengkel Las Mekar Jaya ini.

Tujuan penyerahan bantuan ternak kambing ini untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat khususnya warga yang punya kemauan memelihara ternak.

"Bantuan ini dari program Ketahanan Pangan dan bersumber dari Dana Desa 2023. Kita harapkan ini langsung dipelihara dan jika beranak, nantinya induknya dipelihara tetangga per RT secara bergantian," ucapnya.

Dalam pelatihan yang disampaikan pemateri pada calon penerima, membahas tentang 3 W dalam beternak kambing.

Baca Juga : Polsek Pitu Amankan Pelaku Bawa Miras Arak Jowo

Tiga W yang dimaksud adalah Wuenak yakni kambing harus merasa nyaman dipelihara oleh pemiliknya.Kemudian W selanjutnya yaitu Wareg atau cukup dalam pemberian makanan yang dibutuhkan kambing.

Sedangkan W yang terakhir yaitu waras atau sehat untuk ternak kambing yang dipelihara.

Selain dihadiri pemateri dari Dinas Peternakan, kegiatan ini juga disaksikan Muhaimin mewakili dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Penerima kambing tampak bahagia saat secara simbolis Kepala Desa Tenggong memberikan bantuan ini yang disaksikan Camat Rejotangan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Badan Perwakilan Desa.


Topik

Pemerintahan bantuan ternak kambing desa tenggong



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Dede Nana