Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sahur On Ther Road Ditiadakan selama Ramadan, Rakor Forkopimda Tulungagung Sepakati Hal ini

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

18 - Mar - 2023, 13:26

Placeholder
Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto di Pendopo Kabupaten Tulungagung/ Foto : Dokpol For Tulungagung Times

JATIMTIMES - Rapat Koordinasi Forkopimda Kabupaten Tulungagung, dalam rangka antisipasi Kamtibmas bulan ramadhan 1444 H, digelar di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa, Jumat (17/3/2023) kemarin.

Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, memimpin rapat ini, dalam sambutanya mengatakan bahwa rakor kali ini adalah untuk menyamakan persepsi serta tindakan selama bulan Ramdhan dan hari raya idul Fitri 144 H.

Baca Juga : Sarasehan Bacaleg, PPP Kabupaten Tulungagung Bidik 6 Kursi Pada Pemilu 2024

"Perlu diwaspadai bahwa kerawanan yang akan muncul selama bulan Ramadhan adalah adanya Sahur on the road yang berpotensi terjadinya gesekan antar kelompok perguruan silat, serta akan menimbulkan keresahan masyarakat karena penggunaan sound system yang berlebihan," kata AKBP Eko Hartanto.

Selain itu, adanya balap liar pada sore hari menjelang buka puasa maupun pada saat akan sahur, polisi telah memetakan dan mengantisipasi dan melakukan penegakan hukum.

Pemasangan spanduk dari kelompok  perguruan silat yang bisa berpotensi menimbulkan kerawanan gesekan antar perguruan silat diharapkan agar spanduk dibuat dalam satu wadah yang bisa mengakomodir semua perguruan silat.

"Ini untuk mengurangi potensi kerawanan yang ditimbulkan akibat pemasangan banner," ujarnya.
 
Segala upaya pencegahan baik preemtif dan prefentif untuk pencegahan sudah diupayakan, hal ini menurut Eko Hartanto dilakukan demi Tulungagung yang aman dari permasalahan perguruan silat. 

"Kita ini dalam tahun politik dan riskan terjadinya gesekan," imbuhnya.

Bagi para senior atau sesepuh, agar memberikan treatment dan wejangan kepada junior yang masih labil secara psikis dan ego sektoralnya sehingga menjadi pribadi yang baik dan tidak melakukan kegiatan yang dapat melanggar hukum.

Sementara itu Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo yang diwakili wakil bupati Gatut Sunu Wibowo, mengatakan terima kasih kepada Kapolres terkait kegiatan Rakor ini.

Baca Juga : Anggota Fraksi PPP DPRD Banyuwangi Minta Polisi Cepat Tangani Laporan Dugaan Penggelapan Dana Ponpes Ratusan Juta

"Rakor ini adalah suatu wujud kepedulian bersama untuk aman dan tentram serta kondusifnya Kabupaten Tulungagung ke depannya," kata Gatut Sunu.

Ditegaskan, tugas Forkopimda menjaga stabilitas kamtibmas untuk mendukung kelancaran pembangunan segala aspek segala bidang, termasuk bidang keamanan.

Dandim 0807 Tulungagung Letkol CZI Nooris Agus Rinanto mengatakan dan mengapresiasi atas langkah yang dilakukan polres Tulungagung dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas di Tulungagung.

"Kami siap untuk berkolaborasi dengan kepolisian untuk sama sama menciptakan Tulungagung yang damai," paparnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta rakor.


Topik

Peristiwa Eko Hartanto balap liar awal puasa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya