Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

HUT ke-89, RSUD Karsa Husada Batu Komitmen Tingkatkan Layanan dengan Berbagai Tambahan Fasilitas

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

17 - Mar - 2023, 17:02

Placeholder
Direktur Utama RSUD Karsa Husada Batu Muhammad Rizal saat memberikan sambutan dalam momentum peringatan HUT ke-89 tahun RSUD Karsa Husada Batu, Jumat (17/3/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dalam momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-89, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karsa Husada Batu terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai tambahan fasilitas kesehatan yang terus berkembang. 

Direktur Utama RSUD Karsa Husada Batu Muhammad Rizal menjelaskan, sejak 1934, rumah sakit yang dulunya bernama Rumah Sakit Paru Batu ini terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas. 

Baca Juga : Tingkatkan Pembangunan, Pemkab Malang Libatkan Pendamping Desa 

Kemudian, pihaknya juga membeberkan beberapa capaian dari RSUD Karsa Husada Batu. Sejak 2011 RSUD Karsa Husada Batu yang dulunya masih bernama Rumah Sakit Paru Batu telah lulus akreditasi tingkat dasar oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). 

Lalu 2015 Rumah Sakit Paru Batu secara resmi berubah nama menjadi RSUD Karsa Husada Batu di bawah naungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Jatim). Selanjutnya, seiring berjalannya waktu RSUS Karsa Husada Batu terus mengembangkan layanan kesehatan dengan cara mengikuti akreditasi oleh KARS. Hasilnya,  2019 RSUD Karsa Husada Batu meraih lulus akreditasi tingkat paripurna. 

Menuju 2020, Rizal menuturkan, bahwa RSUD Karsa Husada Batu yang semula merupakan rumah sakit dengan kategori kelas C telah meningkat menjadi rumah sakit kategori kelas B, dengan nomor izin operasional 03.23/1/01/III/2020 berlaku selama lima tahun, yang diterbitkan di Surabaya pada 13 Maret 2020 oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jatim.  

"Mari kita jadikan momentum HUT ke-89 Ini sebagai pengingat bahwa segala pencapaian yang kita raih tidak luput dari para pendahulu kita. Baik dokter hingga nakes," ungkap Rizal saat memberikan sambutan, Jumat (17/3/2023). 

Foto bersama.

Selain itu, RSUD Karsa Husada Batu juga telah menjadi rumah sakit pendidikan utama Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang. Sehingga, dengan berbagai capaian yang diraih oleh RSUD Karsa Husada dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat luas Kota Batu maupun Malang wilayah Barat. 

"Keluarga besar RSUD Karsa Husada terus menumbuhkan kecintaan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Batu dan Malang Barat, sehingga RSUD Karsa Husada Batu terus menjadi pilihan masyarakat," tutur Rizal. 

Lebih lanjut, di 2023 ini RSUD Karsa Husda Batu telah mempersiapkan penambahan beragam fasilitas kesehatan yang tentunya bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat luas Kota Batu dan sekitarnya. 

"Tahun ini ada penambahan ruangan rawat inap VVIP, VIP, poli estetika, poli eksekutif, poli akupuntur, dan instalasi gizi," kata Rizal. 

Rencananya, beberapa tambahan fasilitas kesehatan tersebut dalam waktu dekat akan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pihaknya mengaku telah melakukan komunikasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Erwin Ashta Triyono serta Sekretaris Daerah Provinsi  Jatim Adhy Karyono terkait peresmian tambahan fasilitas kesehatan di RSUD Karsa Husada Batu. 

Baca Juga : Situs Download Lagu Gratis yang Cepat dan Mudah, Solusi Cerdas untuk Penggemar Musik 

 

"Kami sudah mengajukan ke Dinkes dan Pak Sekda, InsyaAllah ibu Gubernur akan meresmikan. Mudah-mudahan di bulan puasa ini Ibu Gubernur dapat meresmikan," ujar Rizal. 

Gowes.

Di momentum HUT ke-89 tahun RSUD Karsa Husada Batu dengan mengusung tema "Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat, Bersinergi dan Berinovasi Menuju Medical Tourism CARE" ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada deretan tenaga kesehatan maupun karyawan RSUD Karsa Husada Batu berprestasi. 

Selain itu, pada momentum HUT ke-89 tahun RSUD Karsa Husada juga digelar kegiatan gowes dan senam bersama karyawan serta para undangan. Di mana dalam kegiatan tersebut juga bergelimang berbagai hadiah dan doorprize bagi para peserta. 

"Saya berharap di hari ulang tahun RSUD Karsa Husada Batu dapat menjadikan momentum bagi civitas RSUD Karsa Husada Batu lebih bangkit, komunikatif, lebih cetar, terhadap permasalahan khususnya masalah kesehatan masyarakat Batu, Malang Barat dan sekitarnya," tandas Rizal. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengapresiasi atas pelayanan prima yang telah diberikan oleh RSUD Karsa Husada Batu hingga di usia ke-89 tahun ini. 

"Saya bangga dan salut. RSUD Karsa Husada terus menggeliat dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Batu dan Malang sekitarnya, harapannya terus kolaborasi dengan Pemkot Batu," pungkas Aries. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana