Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Selebriti

Mengenang Musisi Legendaris Nomo Koeswoyo

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

16 - Mar - 2023, 18:09

Placeholder
Musisi senior Koesnomo Koeswoyo atau akrab disapa Nomo Koeswoyo (foto: VOI)

JATIMTIMES - Musisi senior Koesnomo Koeswoyo atau akrab disapa Nomo Koeswoyo dikabarkan meninggal dunia Rabu (15/3/2023) malam di Magelang, Jawa Tengah. Kabar duka itu disampaikan oleh pihak keluarga melalui akun Instagram keponakannya @official.sarikoeswoyo.

"Telah berpulang ke Rahmatullah ayahanda kami/kakak, pakde, paklek, akung kami, Koesnomo Koeswoyo bin Koeswoyo pada Rabu, 15 Maret 2023, pukul 19.30 WIB di Magelang," tulis akun tersebut. 

Baca Juga : Mengintip Museum Musik Indonesia Malang

Diketahui, Nomo pernah menjadi penggebuk drum grup musik legendaris Koes Bersaudara. Di antara saudara-saudaranya, yakni Koesdjono (Djon), Koesdini (Dien), Koestono (Tony), Koesjono (Yon), Koesrojo (Yok), Koestami (Miyiek), dan Koesmurni (Nienuk), Nomo terkenal paling berani sekaligus bandel.

Sejak remaja, Nomo sudah terang-terangan memperlihatkan sikap menolak kuliah. Usai tamat bangku SMP XI dan SMA Taman Madya Jakarta, Koeswoyo, ayah Nomo ingin melihat anaknya menyandang gelar sarjana.

Namun suami Francise Koeswojo atau Meis itu lebih memilih bekerja. Nomo meyakini yang bisa mengukur kemampuan otaknya adalah dirinya sendiri, bukan orang lain.

Tentu saja Koeswoyo tidak mengizinkan, namun Nomo nekat melawan dan memilih berkelana ke Surabaya, Medan dan sejumlah kota besar lainnya. “Nomo dianggap anak paling nakal di keluarga Koeswojo. Dia mendapat julukan Crossboy,” demikian mengutip buku "Jurnalisme Sastrawi, Antologi Liputan Mendalam dan Memikat" (2005).

Nomo sejak awal terlibat di dalam Koes Brothers yang kemudian bersalin nama Koes Bersaudara. Kali pertama Koes Bersaudara rekaman di perusahaan rekaman PT Irama, Cikini Jakarta, pada 1962. 

Rekaman itu diawasi langsung oleh musisi Jack Lesmana (ayah musisi Indra Lesmana) dan menghasilkan sebanyak dua belas lagu rekaman dalam piringan hitam. Kedua belas lagu itu di antaranya lagu Senja, Bis Sekolah, Telaga Sunyi, Weni dan Terpesona.

Tony pegang melody, Yon sebagai vocal, Djon memegang gitar bas dan Jan memegang gitar. Jan yang dimaksud adalah Jan Mintaraga yang saat ini lebih dikenal sebagai pelukis komik. Sedangkan Nomo yang dianggap belum mahir menggebuk drum, dibantu oleh Iskandar, tetangga mereka. 

Album piringan hitam Koes Bersaudara pun diluncurkan pada 1963 di Jakarta bersamaan acara Ganefo (Games of the New Emerging Forces). Lagu-lagu Koes Bersaudara pun disambut hangat oleh masyarakat, hingga kerap mengudara di RRI dan radio milik Angkatan Udara. 

Baca Juga : Innalillahi, Aktris Senior Nani Wijaya Meninggal Dunia 

Usai rekaman pertama, Djon pilih keluar dari Koes Bersaudara. Dengan tabungan yang dimiliki, Djon membawa keluarganya ke Tuban Jawa Timur. Dan Ia berprofesi menjadi nelayan.

Sekitar 1969, Nomo juga ikut keluar dari grup Koes Bersaudara. Posisinya sebagai penabuh drum digantikan Murry dan sejak itu Koes Bersaudara berganti nama Koes Plus. 

Lantas Nomo mendirikan grup musik No Koes dan Nobo, serta bersolo karir. Ia juga mendirikan studio rekaman Yukawi dan Lieman. Namun, pada tahun 1984 Nomo sempat bergabung lagi dengan saudara-saudaranya. 

Berdasarkan penelusuran, Koes Plus (dan Koes Bersaudara) telah menghasilkan sebanyak 450 lagu. Dan mayoritas lagu Koes Plus yang dikeluarkan hits di zamannya.

Nomo dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta pada Kamis (16/3/2023). Di akun keponakannya, Sari Koeswoyo mewakili keluarga menyatakan permintaan maaf atas kesalahan sang musisi.

“Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan Almarhum. Semoga Almarhum husnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan semoga kami keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan," tulis Sari Koeswoyo melalui Instagramnya. 


Topik

Selebriti nomo koeswoyo nomo koeswoyo meninggal dunia koes plus



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana