Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Gempur Rokok Ilegal di Jombang, Satpol PP Libatkan Satlinmas

Penulis : Adi Rosul - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Mar - 2023, 15:34

Placeholder
Sosialisasi ketentuan peraturan perundang-undangan tentang bidang cukai di Jombang. (Istimewa)

JATIMTIMES - Pemkab Jombang terus berkomitmen memberantas peredaran rokok ilegal di kota santri. Melalui Satpol PP, Pemkab Jombang menggandeng Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk 'gempur' rokok ilegal.

Satlinmas kali ini akan dilibatkan untuk pemberantasan rokok ilegal di tengah masyakarat. Keterlibatan Satlinmas ini dimulai dengan pemberian sosialisasi ketentuan peraturan perundang-undangan tentang bidang cukai di Wonosalam Training Center (WTC), Kecamatan Wonosalam, Jombang pada Kamis (23/02/2023).

Baca Juga : Teknologi AI Semakin Berkembang, Ini Beberapa Pekerjaan Manusia yang Terancam Tergantikan ChatGPT

Sosialisasi ini dihadiri langsung Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kasatpol PP Thomson Pranggono dan pejabat Kantor Bea Cukai Kediri. Kegiatan tersebut melibatkan 240 anggota Satlinmas dari Kecamatan Wonosalam, Bareng, Mojowarno dan Kecamatan Ngoro.

"Kegiatan sosialisasi ketentuan peraturan perundang-undangan bidang cukai ini bertujuan meningkatkan dan mengoptimalkan alokasi DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau), sehingga dapat bermanfaat dan dirasakan masyarakat," kata Kasatpol PP Jombang Thomson Pranggono kepada wartawan, Kamis (16/03/2023).

Dijelaskan Thomson, Satlinmas kali ini dilibatkan dalam pemberantasan rokok ilegal di Jombang. Sebab, ia menilai anggota Satlinmas sangat dekat dengan lapisan masyarakat. Oleh karena itu, dengan dibekali sosialisasi itu diharapkan dapat mengedukasi masyarakat bahkan mencegah adanya peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat.

"Harapan kami teman-teman Satlinmas mengetahui aturan barang kena cukai ilegal, sehinga bisa membantu pemkab dalam mengawasi ketika di lingkungan masyarakat ada yang memperjualbelikan rokok ilegal," terangnya.

Baca Juga : Dorong Pelaku Usaha Mikro Naik Kelas, Pemkot Batu Fasilitasi Pengurusan NIB

Sementara, Wabup Sumrambah mengapresiasi dengan dilibatkannya Satlinmas dalam upaya pencegahan peredaran rokok ilegal di Jombang. Ia optimis, kererlibatan Satlinmas akan semakin efektif untuk memberantas peredaran rokok ilegal.

"Alhamdulillah tahun ini melibatkan Satlinmas. Berarti ini sangat efektif melibatkan linmas, karena sekarang itu selain ada rokok yang tidak ada pita cukainya juga pakai pita cukai tempelan. Jadi, tengkulak membeli pita cukai lalu menjualnya lagi," ucapnya.(*)


Topik

Advertorial Cukai bea cukai jombang pemkab jombang bea cukai jombang rokok rokok ilegal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Sri Kurnia Mahiruni