Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Dede Yusuf Minta RK Batalkan Pemecetan Guru yang Berkomentar 'Maneh' di Instagramnya

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Mar - 2023, 15:27

Placeholder
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dede Yusuf. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dede Yusuf menanggapi pemecatan guru bernama Muhammad Sabil di Cirebon setelah berkomentar 'maneh' di akun media sosial Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). 

Dalam tanggapannya, Dede meminta agar RK mengembalikan pekerjaan guru tersebut.

Baca Juga : Study Empiris 2023 PPM-SMA Surya Buana di Jogjakarta

"Alangkah sangat bijaksana jika gubernur segera mengembalikan pekerjaan guru yang dipecat itu. Karena sebagai guru dengan penghasilan kecil, sangat menderita jika dia kehilangan pekerjaannya," kata Dede Yusuf kepada wartawan, Kamis (16/3/2023).

Selanjutnya, Dede menilai jika kritik dari masyarakat merupakan hal wajar. Tak hanya itu, Dede juga mengatakan dengan adanya peristiwa yang menimpa guru di Cirebon tersebut akan membuat masyarakat takut untuk mengkritik pemimpinnya.

"Menurut saya, kritik sesuatu yang wajar dari masyarakat, jadi tidak perlu semua komen ditanggapi secara pribadi. Karena ada institusi pemda yang bisa menegur jika dirasa kurang pas," ujarnya.

"Dan ini akan menjadi 'preseden' berikutnya jika diabaikan, rakyat akan takut mengkritisi pemimpinnya," sambung dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil telah mengklarifikasi dan menghubungi pihak sekolah agar Sabil tidak diberhentikan dari pekerjaannya.

Dikutip dari unggahannya, Ridwan Kamil mengaku kaget melihat berita guru SMK diberhentikan oleh yayasannya karena mengkritiknya.

"Seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar. Sudah ribuan kritik masuk, dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja," ujar Ridwan Kamil dikutip dari unggahan Instagramnya dilansir dari TribunJabar.id, Rabu (15/3/2023).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil juga menuliskan, "Mungkin karena yang melakukan posting kasar adalah seorang Guru, yang postingannya mungkin dilihat/ditiru oleh murid-muridnya, maka pihak sekolah/yayasan untuk menjaga nama baik insitusi memberikan tindakan tegas sesuai peraturan sekolah yang bersangkutan."

Menanggapi pemecetan dan pembatalan pemecatannya, Muhammad Sabil mengaku belum menerima informasi lebih lanjut dari pihak sekolah dan yayasan SMK Telkom Sekar Kemuning Kota Cirebon maupun Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah X Jawa Barat.

"Jika dibatalkan (pemberhentiannya), saya rencananya enggak ambil lagi, karena merasa bersalah, tidak enak ke sekolah," ujar M Sabil Fadhillah.

Baca Juga : Soal Minimnya Lahan Parkir di Splendid, Dishub Kota Malang: Akan Kita Atur

Sebelumnya, guru SMK di Cirebon dipecat setelah membuat komentar dengan kata 'maneh' kepada Ridwan Kamil. 

Guru tersebut bernama Muhammad Sabil. Ia dipecat berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah tempatnya bekerja.

Adapun pemecetan Sabil bermula saat Ridwan Kamil mengunggah kegiatannya dalam akun Instagram miliknya pada Selasa (14/3). 

Saat itu, Ridwan Kamil mengunggah postingan ketika berkomunikasi dengan para siswa SMP di Tasikmalaya secara daring. Ridwan Kamil tampak mengenakan jas berwarna kuning. Hal itu yang kemudian dipertanyakan Sabil.

"Awalnya saya memberikan komentar dalam postingan Ridwan Kamil saat beliau sedang zoom meeting dengan SMP di Tasikmalaya perihal anak-anak sekolah yang patungan sepatu untuk salah satu temannya. Dalam zoom meeting itu, saya lihat beliau menggunakan jas kuning. Akhirnya saya terpicu untuk komentar," kata Sabil di Cirebon, Rabu (15/3).

"Komentar saya, lebih kurangnya adalah, maneh (kamu) dalam posisi apa? Sebagai Gubernur, kader partai, atau sebagai pribadi Ridwan Kamil. Saya cuma posting (komentar) itu," kata dia.

Setelah melontarkan pertanyaan pada postingan Ridwan Kamil itu, komentarnya pun banyak mendapatkan balasan. Baik balasan dari Ridwan Kamil maupun balasan dari netizen.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Ridwan Kamil RK guru dede yusuf



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Hukum dan Kriminalitas

Artikel terkait di Hukum dan Kriminalitas