Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Racikan Kopi yang Disajikan dengan Cara Unik di Dunia

Penulis : Hanisya Bimbi Harira - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Mar - 2023, 20:35

Placeholder
Foto : iPrice

JATIMTIMES - Kopi tidak hanya dijadikan sebagai kopi hitam saja. Karena faktanya banyak sekali kopi di dunia yang diracik dengan berbagai cara yang unik. Seperti halnya yang akan kita bahas di bawah ini. 

Kebanyakan orang mengenal kopi sebagai minuman yang hitam dan pahit. Ada juga macam kopi yang disajikan dengan mencampur krimer dan susu sebagai perasa tambahan agar lebih nikmat.

Baca Juga : Tonjolkan Inovasi Terbaik, Desa Pojok Yakin Juri Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 Terkesan

Nyatanya selain racikan kopi yang populer di kafe-kafe, ada juga loh kopi yang disajikan dengan menarik di dunia. Bahkan tidak hanya ditambah perasa tapi ditambahkan juga bahan-bahan tertentu dalam proses pembuatan kopi ini. Kopi bukan hanya membantu untuk membuat kita terjaga saat mengantuk, tapi kopi-kopi ini juga bisa memanjakan lidah dengan rasanya. Berikut ini racikan kopi dengan cara penyajian yang unik.

 

1. Turks Kahvesi, Turki

Penyajian kopi Turki yang dipanggang dengan pasir panas ini memang melegenda. Ternyata kopi Turki biasa ini memiliki keistimewaan lebih lanjut selain cara penyajiannya.

Gula telah ditambahkan ke kopi Turki sejak dimasak. Ampas kopi Turki biasa ini juga disajikan tanpa penyaringan sama sekali.

Orang Turki memiliki budaya khas yang mereka praktikkan saat mengonsumsi kopi. Ampas kopi tidak akan dibuang begitu saja, justru keadaan ampas di dasar cangkir kopi dianggap bisa meramal nasib baik bagi peminumnya.

 

2. Cafezinho, Brazil

Meskipun demikian, cafezinho adalah minuman untuk kamu jika kamu membutuhkan kafein yang cukup untuk membuat mata terjaga. Di sini mereka tidak membuat kopi baru dan menambahkan gula ke kopi ini sebelum menyajikannya.

Sebagai gantinya, akan disiapkan gula dalam air panas sebelum menyajikannya dengan cafezinho. Bubuk kopi yang ditumbuk halus ditambahkan setelah gula benar-benar larut.

Kemudian digunakan kain berserat halus untuk menyaring kopi yang sudah diaduk rata. Agar ampas kopi tidak masuk di gelas saji.

 

Baca Juga : Dapat Penghargaan UHC Award 2023, Warga Sidoarjo Tercover BPJS Kesehatan Hampir 100 Persen

3. Mazagran, Portugal

Ternyata kombinasi kopi yang yang unik ini sudah ada di Portugal sebelum kopi lemon terkenal. Orang Portugis menikmati ramuan kopi hitam dan lemon yang dikenal sebagai mazagran.

Meskipun campuran kopi ini sebenarnya berasal dari Aljazair, banyak orang Portugis yang kecanduan karena rasanya yang khas. Espresso dan es batu dipadukan dengan jus lemon untuk membuat mazagran.

Rasa yang bisa dicicipi lebih kompleks dari sekedar rasa asam dan pahit. Rasanya akan tetap sedikit manis di lidah setelah diminum.

 

4. Yuenyeung, China

Jika kamu tidak yakin apakah akan memilih teh atau kopi, cobalah campuran kopi Cina yang populer ini. Yuenyeung adalah campuran teh susu dan kopi yang disajikan dalam satu gelas.Sebelumnya teh hitam akan diracik dengan tambahan kental manis. Kopi hitam kemudian ditambahkan setelah larut. Campuran ini tidak hanya umum ditawarkan di Cina tetapi juga di Hong Kong.

Yuenyeung secara harfiah diterjemahkan menjadi bebek Mandarin yang berarti kesetiaan. Terbukti dengan paduan teh dan kopi yang harmonis dua minuman yang konon tidak pernah bersatu.

 


Topik

Kuliner Kopi kopi dunia kopi turki Portugal China Brazil



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hanisya Bimbi Harira

Editor

Sri Kurnia Mahiruni