Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ruang Mahasiswa

Utang Luar Negeri 404,9 Miliar Dolar AS, BI: Tetap Terkendali

Penulis : Nadya Vitri - Editor : Dede Nana

14 - Mar - 2023, 18:33

Placeholder
Bangunan Bank Indonesia (Foto: Youtube Bank Indonesia)

JATIMTIMES - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Januari 2023 sebesar US$ 404,9 miliar. 

Melalui publikasi di website resmi, Bank Indonesia melaporkan bahwa ULN Indonesia pada Januari 2023 kontraksi sebesar 1,9 persen year on year (yoy), melanjutkan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 4,1 persen (yoy).

Baca Juga : Soal Robot Trading ATG, LIRA Dorong Tersangkakan Dua Orang Dekat Wahyu Kenzo

 Direktur Eksekutif Erwin Haryono menjelaskan bahwa kontraksi pertumbuhan ini bersumber dari ULN pemerintah dan sektor swasta. 

Perkembangan posisi ULN pada Januari 2023 juga dipengaruhi oleh faktor perubahan akibat pelemahan mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, termasuk Rupiah.

 Lebih lanjut, Erwin mengatakan Januari 2023, posisi ULN pemerintah tercatat sebesar 194,3 miliar dolar AS, atau secara tahunan mengalami kontraksi sebesar 2,5 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 6,8 persen (yoy).

Selain itu, Erwin melanjutkan, ULN swasta juga melanjutkan tren kontraksi pertumbuhan. Posisi ULN swasta pada Januari 2023 tercatat sebesar 201,2 miliar dolar AS, dengan kata lain secara tahunan mengalami kontraksi sebesar 1,5 persen (yoy), sedangkan pada bulan sebelumnya kontraksi sebesar 1,8 persen (yoy).

Lebih lanjut, pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (nonfinancial corporations)  mengalami kontraksi sebesar 1,1 persen (yoy) dari bulan sebelumnya sebesar 1,5 persen (yoy). 

Di sisi lain, pertumbuhan ULN lembaga keuangan (financial corporations) mengalami kontraksi 3,1 persen (yoy), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 2,7 persen (yoy). 

Baca Juga : IPW Bawa Bukti Percakapan Dugaan Korupsi, Laporkan Wamenkumham ke KPK

“Berdasarkan sektor ekonomi, ULN swasta terbesar bersumber dari sektor jasa keuangan dan asuransi; industri pengolahan; pengadaan listrik, gas, uap/air panas, dan udara dingin; serta pertambangan dan penggalian, dengan pangsa mencapai 77,6 persen dari total ULN swasta. ULN swasta juga tetap didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 75,2 persen terhadap total ULN swasta,” terang Erwinn, Selasa (14/3/2023).

Meski demikian, ULN Indonesia dikatakan tetap terkendali. Hal tersebut dapat dicerminkan dari rasio ULN terhadap PDB yang terjaga di angka 30,3 persen serta dominasi ULN jangka panjang sebesar 87,4 persen dari total ULN.

“Struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya,” jelas Erwin.


Topik

Ruang Mahasiswa utang luar negeri utang Indonesia bank indoneaia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nadya Vitri

Editor

Dede Nana