Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Fraksi PKS DPRD Kota Malang Usulkan Kelengkapan Sarpras Pengguna Jalan di Kayutangan

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Mar - 2023, 17:51

Placeholder
Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bayu Rekso Aji saat menyampaikan usulan. (Foto: Humas PKS Kota Malang).

JATIMTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mengusulkan sejumlah hal terkait rekayasa lalu-lintas dan manajemen angkutan jalan di kawasan Kayutangan. 

Usulan tersebut disampaikan sebagai evaluasi pada pelaksanaan masa uji coba penerapan rekayasa lalu lintas dan manajemen angkutan jalan di kawasan tersebut di pekan ketiga ini. 

Baca Juga : Ogah Jabat Tangan Warga, Ketua DPRD Luwu Timur Dikecam Warganet

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Bayu Rekso Aji, usulan itu berkaitan dengan kenyamanan pejalan kaki yang ada di sekitar kawasan Kayutangan. Yang ia nilai juga perlu diperhatikan. 

"Ada beberapa usulan terkait kelengkapan untuk pejalan kaki. Seperti pita kejut, zebra cross hingga pelican crossing yang bisa berbunyi itu," ujar Bayu kepada JatimTIMES Jumat (10/3/2023) siang. 

Bayu menilai, kelengkapan rambu atau fasilitas bagi pengguna jalan di kawasan tersebut harus segera dilengkapi. Pasalnya, dengan rekayasa lalu-lintas dengan lajur satu arah itu, membuat kendaraan yang melaju relatif lebih kencang. 

Sebab, ruas jalan yang sebelumnya digunakan untuk melaju dua arah kini menjadi satu arah dengan ukuran jalan yang sama. Dengan hal itu, selain kenyamanan kendaraan yang melintas, keamanan pejalan kaki juga perlu diperhatikan. 

"Ketiga hal itu menjadi usulan yang paling banyak kami (Fraksi PKS) terima. Baik secara langsung, WA dan pertemuan di berbagai kesempatan," terang Bayu. 

Selain itu, ada beberapa hal imbas penerapan rekayasa lalu lintas dan manajemen angkutan jalan itu yang harus segera dituntaskan. Yakni kepadatan arus yang terjadi di beberapa titik. Seperti di Jl. Bromo dan di area Stadion Gajayana. 

Baca Juga : Anggota DPRD Banyuwangi Asal PKS: Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual Butuh Kepedulian Semua Elemen

"Di beberapa persimpangan itu yang memang agak padat. Dan ini harus segera disikapi serius oleh Dishub (Dinas Perhubungan)," tegas Bayu. 

Namun demikian, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan berbagai unsur terkait evaluasi penerapan satu arah tersebut, secara umum Bayu mengatakan bahwa rekayasa lalu-lintas di kawasan itu sudah sesuai harapan. 

"Berdasarkan kajian akademis dan survey yang dilakukan, hasil penerapan lalu lintas di Kayutangan itu sudah sesuai harapan," jelas Bayu. 


Topik

Pemerintahan Kayutangan dprd dprd kota malang satu arah pks



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni