Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang 2023

Melalui Lomba Desa, Camat Gedangan Optimistis Bisa Tingkatkan Potensi Wisata

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

09 - Mar - 2023, 19:59

Placeholder
Potensi wisata pantai yang ada di Kabupaten Malang. (Foto : Ashaq Lupito / Jatim Times)

JATIMTIMES - Kabupaten Malang dikenal memiliki beragam potensi. Termasuk potensi pariwisata. Salah satu potensi unggulan yang ada di Kabupaten Malang adalah destinasi wisata pantai.

Beberapa potensi wisata pantai yang ada di Kabupaten Malang tersebut, di antaranya berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Merujuk pada website resmi Pemerintah Kecamatan Gedangan, pada 2019 lalu sedikit ada empat destinasi wisata pantai yang ada di Desa Gajahrejo.

Baca Juga : Wujudkan Pembangunan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan, Pemkot Blitar Gelar Musrenbang Tematik

Destinasi wisata alam yang ada di Desa Gajahrejo tersebut meliputi Pantai Ungapan, Pantai Bajulmati, Pantai Batu Bengkung, hingga Pantai Parangdowo. Tidak tertutup kemungkinan, seiring berjalannya waktu potensi wisata yang ada di Kecamatan Gedangan akan bertambah.

Camat Gedangan Teguh Susetyo menuturkan, berkat melimpahnya potensi wisata yang ada di Desa Gajahrejo tersebut, membuat desa yang bersangkutan ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Gedangan dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023.

"Potensi yang ada di Desa Gajahrejo itu secara umum adalah wisata, yaitu wisata pantai. Kami berharap dengan potensi yang ada di Desa Gajahrejo bisa menjadi tambahan penilaian dalam Lomba Desa Kabupaten Malang," ucapnya.

Menurut Teguh, lomba desa yang diadakan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang bekerja sama dengan JatimTIMES Network tersebut merupakan ajang yang tepat untuk meningkatkan maupun mengenalkan potensi yang ada di desa.

"Menurut saya, lomba desa itu bagus sekali, karena dapat memacu untuk pertumbuhan dan semangat di desa dan sekaligus untuk perkembangan, termasuk pembangunan yang ada di desa," ucapnya.

Tidak hanya dianggap mampu untuk mengenalkan potensi yang ada di desa, Teguh juga menyebut dengan adanya Lomba Desa Kabupaten Malang bisa menjadi motivasi tersendiri bagi pemerintah desa (pemdes). Terutama dalam tertib administrasi.

Seperti yang sudah diketahui, dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, kelengkapan administrasi juga masuk dalam penilaian. "Kelengkapan administrasi yang ada di desa serta input data melalui aplikasi kan juga masuk dalam penilaian. Sehingga bisa meningkatkan kesadaran pemerintah desa untuk tertib administrasi," tukasnya.

Baca Juga : Menpora Zainuddin Amali Antar Langsung Surat Pengunduran Dirinya ke Istana

Sebagaimana yang telah diberitakan, tim penilai Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 sudah masuk dalam tahap penilaian administrasi. Penilaian awal tersebut di antaranya didasari oleh angka yang muncul pada epdeskel atau aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Tujuannya untuk menentukan status tingkat perkembangan desa.

Penilaian tersebut dilakukan di ruang rapat Kertanegara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Senin (6/3/2023). 

Saat ini pihak penyelenggara juga telah menyebarkan Google form kepada desa di setiap kecamatan yang telah berpartisipasi dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Form tersebut yang nantinya harus diisi oleh peserta lomba desa. 

Perlu diketahui, Google form itu terkait dengan pemenuhan bukti pendukung terkait indikator-indikator yang ditetapkan pada Lomba Desa Kabupaten Malang 2023.


Topik

Pemerintahan Lomba desa Kabupaten Malang Pemkab Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy