Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Tak Tergerus Zaman, Jajanan Tradisional Lezat di Malang Ini Masih Banyak Penggemar

Penulis : Hanisya Bimbi Harira - Editor : A Yahya

08 - Mar - 2023, 20:30

Placeholder
Jajanan tradisonal pasar. Foto : Beautynesia

JATIMTIMES - Banyaknya jajanan baru dan instan tak membuat jajanan tradisional hilang. Masih banyak penikmat jajanan tradisional. Alasannya adalah karena harganya relatif terjangkau dengan cita rasa lezat, juga banyaknya ragam pilihan yang bisa ditemukan. Selain itu, ragamnya juga banyak. Bahkan di setiap daerah memiliki ciri khas pada jajanan tradisional. 

Nah, bagi kamu yang ingin tahu ragam jajanan tradisional lezat yang ada di Malang, berikut daftarnya.

1. Lumpur Kentang Wolak Walik

Baca Juga : Revitalisasi Tahap II, Mas Dhito Bangun Pasar Wates Berkonsep Wisata

Berlokasi di Pasar Oro-oro Dowo. Salah satu tempat yang selalu ramai dan banyak yang mengantri untuk pesan. Sekali membuat olahan tempat ini langsung bisa membuat dalam jumlah banyak sekaligus. Setelah kue lumpur dikeluarkan dari cetakan, dibolak-balik lagi di atas panggangan agar matangnya merata. Untuk rasanya sendiri mereka menyediakan 3 macam rasa. Yaitu ada rasa kelapa, keju, dan kismis. Kue lumpur disini dihargai Rp6.000 saja perbijinya. Karena terbuat dari kentang, jadi kue lumpur memiliki tekstur lembut dan lumer di mulut.

2. Lumpur Arab Legenda

Kue lumpur lain yang juga hype adalah Lumpur Arab Legenda di Kauman. Cara membuat kue lumpur ini sama dengan kue lumpur lain yang dibuat dengan cetakan. Tapi ada yang membedakan kue lumpur ini unik dari yang lainnya, yakni  nanti diatasnya akan dipanggang lagi menggunakan arang. Disini juga tak kalah banyak pemesannya sehingga disarankan untuk kamu pesan terlebih dahulu supaya tidak kehabisan. Mereka menawarkan 2 paket, paket dengan isi 5 buah dihargai Rp32.000 sedangkan satunya lagi paket dengan isi 9 buah dengan harga Rp57.000. Karena dipanggang menggunakan arang maka akan membuat rasa smokey nya, ukurannya pun besar dijamin kamu puas dan kenyang dengan memakan kue lumpur ini.

3. Bikang Kuno Pendawi 

Baca Juga : Inilah Beberapa Jenis Dan Harga Popcorn di Bioskop XXI

Selain kue lumpur ada juga jajanan pasar yang tak kalah enak, yaitu Bikang Kuno Pendawi tempatnya di Sawojajar. Disini mereka menjual berbagai macam jajanan pasar lainnya. Tetapi yang paling menarik dan menjadi primadona ialah jajan bikangnya. Yang membuat menarik adalah pembuatan bikang yang bisa kita lihat secara langsung prosesnya. Mulai dari menuangkan adonannya, memberi warna untuk adonan, sampai meniriskan bikang yang baru matang dengan tampilan yang mekar merupakan sesuatu yang sangat menarik. Untuk satu  bikangnya seharga Rp9.000. 

Kalo kalian merasa kangen dan ingin bernostalgia dengan jajanan tradisonal, jangan lupa cobain jajanan di atas ya! Dijamin rasanya enak pol!

 


Topik

Kuliner Jajanan pasar jajanan tradisional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hanisya Bimbi Harira

Editor

A Yahya