Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Rafael Alun Trisambodo Resmi Dipecat Menkeu, Beberapa Fakta Terungkap

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Mar - 2023, 19:56

Placeholder
Rafael Alun Trisambodo. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pejabat Ditjen Pajak Eselon III Rafael Alun Trisambodo resmi dipecat oleh Kementerian Keuangan. Pemecatan terhadap Rafael didasarkan pada tindakan-tindakan displin berat yang dilakukan oleh Rafael Alun, salah satunya tidak patuh membayar pajak.

Hal itu disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Awan Nurmawan Nuh. Ia kemudian menjelaskan jika Rafael terbukti tidak menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap perilaku ucapan dan tindakan, baik di dalam maupun di luar kedinasan.

Baca Juga : Tampil Beda, Forkopimda Gelar Rakor Pengendalian Inflasi di Taman Baca Polres Jember

"Dengan tidak melaporkan LHKPN secara benar, tidak patuh membayar pajak, serta gaya hidup pribadi, dan keluarga tidak sesuai atas kepatutan dan kepantasan sebagai ASN," jelas Awan dalam konferensi pers, Rabu (8/3/2023).

Selain itu, Rafael juga terbukti tidak melaporkan harta kekayaan ke pejabat yang berwenang, sesuai peraturan perundang-undangan.

Bahkan, Irjen Kemenkeu juga menemukan, bahwa Rafael Alun menjadi perantara yang menimbulkan konflik kepentingan terkait jabatannya. 

Ada juga informasi mengenai indikasi adanya upaya Rafael Alun menyembunyikan harta kekayaan dan perolehannya.

Baca Juga : Sukses Gelar Tantribum, Pemkot Malang Terima Penghargaan di Hari Jadi ke-33 Satpol PP

Atas adanya temuan beberapa fakta itu, kantor yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani ini memutuskan untuk memecat Rafael Alun.

"Nah dari hasil atau temuan bukti, dalam audit investigasi itu Irjen merekomendasikan untuk memecat saudara RAT," jelas Awan.


Topik

Peristiwa pajak indonesia kantor pajak rafael alun sri mulyani kemenkeu kementerian keuangan bea cukai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni