Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

12 Ruas Jalan di Sidoarjo Ditarget Selesai Betonisasi Tahun Ini, Lokasinya Dimana Saja?

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Mar - 2023, 17:16

Salah satu ruas jalan Betonisasi di Prambon, Sidoarjo.
Salah satu ruas jalan Betonisasi di Prambon, Sidoarjo.

JATIMTIMES - Sebanyak 12 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Sidoarjo dengan total 1.021, 3 kilometer akan dibetonisasi tahun ini. Dari panjang tersebut, kategori jalan mantab atau jalan yang kondisi baik panjangnya 970, 79 km. Sedangkan jalan yang dalam kondisi rusak berat dan ringan menyisakan panjang 50,58 km.

Ruas jalan rusak berat dan ringan titiknya tersebar di beberapa kecamatan. Kerusakan jalan selain disebabkan karena musim hujan juga kendaraan yang lewat melebihi tonase. 

Baca Juga : Kasus Penipuan 29 TKI di Jombang Dihentikan, Polisi Mediasi Korban dan Pelaku

Jalan rusak yang paling banyak mendapat laporan dari masyakarat yang dilaporkan lewat Call Center 112 adalah ruas jalan lingkar timur dan ruas jalan Banjarsari Buduran.  

Perbaikan ruas jalan Banjarsari pelaksanaannya akan dikerjakan oleh pihak pengembang yang mengerjakan proyek SPAM Umbulan sebagai bentuk tanggung jawabnya mengerjakan SPAM Umbulan yang menimbulkan kerusakan jalan lebih dari 1 km tersebut.

“Sama juga dengan jalan rusak ruas Tarik-Mlirip juga akan dilakukan peningkatan tahun ini. Jalan tersebut akan dibeton karena kalau hanya diaspal sangat rentan cepat rusak, sebab jalan ini jalan alternatif ke Mojokerto yang sering dilalui kendaraan truk,” ungkap Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali atau yang akrab disapa Gus Muhdlor, Rabu (08/03/2023) saat diwawancarai.

Lebih lanjut Gus Muhdlor menyampaikan 12 ruas jalan yang masuk dalam rencana betonisasi tahun ini di antaranya; Jalan Raya Desa Banjarsari - Desa Damarsari (Kecamatan Buduran), JL Raya Desa Sukolegok (Kecamatan Sukodono) - Desa Geluran (Kecamatan Taman), Desa Ngingas - Desa Tropodo (Kecamatan Waru), Desa Betro (Kecamatan Sedati) - Desa Damarsi (Kecamatan Buduran), JL Raya Desa Kedondong - Tulangan (Kecamatan Tulangan), JL Raya Desa Durungbedug (Kecamatan Candi) - Desa Sudimoro (Kecamatan Tulangan), Desa Durungbedug (Kecamatan Candi) - Desa Medalem (Kecamatan Tulangan) serta Desa Kedungbanteng - Desa Banjarpanji (Kecamatan Tanggulangin).

Untuk wilayah barat, di antaranya JL Raya Desa Tarik - Mliriprowo (Kecamatan Tarik), Desa Bringinbendo - Desa Tanjungsari (Kecamatan Taman) serta Desa Krembung - Desa Mojoruntut (Kecamatan Krembung). Khusus untuk Jalan Raya Desa Krembung - Desa Mojoruntut ada dua ruas yang bakal dibeton.

Baca Juga : Viral, Ustaz di Aceh Bubarkan Tongkrongan Pemuda, Jelang Salat Jumat 

Bupati alumni SMAN 4 Sidoarjo itu mengatakan, jalan rusak ringan dan berat dengan panjang 50,58 km itu akan berkurang karena sudah ada yang masuk dalam rencana betonisasi tahun ini. Ia menegaskan proyek jalan beton merupakan program prioritasnya yang akan terus dilanjutkan sampai jalan kabupaten sepanjang 1.021,3 km tersebut kondisi jalannya mantab.

“Dalam dua tahun ini kita kebut proyek jalan beton. Karena ini memang program prioritas kami untuk memperlancar akses ekonomi serta mengurangi angka kecelakaan di ruas jalan desa dan kecamatan,” tutupnya. 


Topik

Peristiwa Gus Muhdlor Sidoarjo Bupati betonisasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Nurlayla Ratri