Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Wow! Cadangan Devisa RI Tembus US$140,3 Miliar pada Februari 2023

Penulis : Nadya Vitri M. - Editor : Dede Nana

07 - Mar - 2023, 13:57

Placeholder
Siaran Pers Bank Indonesia (Foto: Bank Indonesia)

JATIMTIMES - Cadangan devisa RI mencapai US$140,3 miliar pada akhir Februari 2023. Hal ini disampaikan melalui keterangan resmi Bank Indonesia (BI), Selasa (7/3/2023). Pada akhir Januari 2023 cadangan devisa berada pada nominal 138,4 miliar dolar AS. Itu artinya cadangan devisa RI meningkat sebesar 900 juta dolar AS pada Februari 2023.

 Akan tetapi, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menyatakan, peningkatan cadangan devisa pada periode ini antara lain  dipengaruhi oleh penerimaan pajak serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

Baca Juga : Pendaftaran Program Bantuan Modal dari Pemkot Kediri Ditutup, Tembus 17.068 Pendaftar

Melalui laman resmi Bank Indonesia, pihaknya menyatakan bahwa posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. 

Tidak hanya itu, nominal cadangan devisa tersebut juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Selain itu, Erwin menambahkan bahwa cadangan devisa tersebut dapat mendukung ketahanan sektor eksternal. Tidak hanya itu, stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan juga dinilai akan terjaga.

Bank Indonesia memandang bahwa cadangan devisa kedepannya akan tetap memadai dengan dukungan stabilitas serta prospek ekonomi yang terjaga. Keadaan tersebut tidak lepas dari respon-respon kebijakan dalam menjaga stabilitas makro ekonomi serta sistem keuangan untuk mendukung proses ekonomi nasional.

Baca Juga : UIN Maliki Malang Kembali Kukuhkan Guru Besar Baru

Cadangan devisa RI mengalami tren positif sejak November 2022 lalu, setelah sebelumnya mencapai posisi terendah pada 130,2 miliar dolar AS pada Oktober 2022. Peningkatan-peningkatan tersebut antara lain karena didukung oleh penerimaan pajak dan jasa, penerimaan devisa migas, hingga global bond pemerintah. Sedangkan pada 2023 cadangan devisa diprediksi akan terus meningkat. 


Topik

Ekonomi cadangan devisa ri bank indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nadya Vitri M.

Editor

Dede Nana