Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Banyak Muncul Cacing Berkepala Martil, Ternyata Berbahaya, Begini Cara Membunuhnya 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Mar - 2023, 14:07

Placeholder
Tampak kepala cacing martil yang menyimpan racun mengandung neurotoxin dan tetrodotoxin. (Foto: @cenank_banaka)

JATIMTIMES - Baru-baru ini sosial media dihebohkan dengan penampakan cacing yang bentuknya berbeda dari cacing pada umumnya. 

Hal itu tampak dari unggahan akun TikTok @cenank_banaka di TikTok. Akun tersebut merekam keberadaan cacing berbentuk aneh tersebut dan menanyakan jenis cacing kepada netizen. 

Baca Juga : Mengenal Sindrom Taurette yang Dialami Penyanyi Lewis Capaldi 

Netizen pun banyak yang menanggapi video itu dengan komentar 'waspada dan hati-hati' .

"Hati-hati jika kamu melihat cacing yang satu ini karena berbahaya bila disentuh langsung dengan tangan," tulis akun @vugi***

Melansir laman Thought Co, cacing berkepala martil tersebut adalah hewan yang berbahaya. Cacing jenis itu menyimpan senjata mematikan berupa racun yang mengandung neurotoxin dan tetrodotoxin. 

Racun tersebut kerap digunakan cacing untuk melumpuhkan mangsa dan mencegah predator. Racun milik cacing berkepala martil itu juga bisa ditemui di ikan buntal, gurita cincin biru, dan kadal berkulit kasar. 

Cacing berjenis karnivora itu juga memakan berbagai hewan invertebrata, terutama cacing tanah. Bahkan cacing tersebut juga kanibal, karena bisa memakan sesama jenis yang punya ukuran lebih kecil. 

Selain itu, cacing berkepala martil itu salah satu keluarga cacing pipih. Seperti planaria, hewan ini dapat bereproduksi dengan cara aseksual. 

Cara reproduksi aseksual lebih umum dibandingkan seksual yang bereproduksi melalui fragmentasi, tubuhnya akan tumbuh dengan sendirinya. 

Oleh karenanya, cacing ini disebut ‘abadi' karena sulit dibunuh meskipun tubuhnya sudah dipotong-potong hingga berlipat ganda. 

Baca Juga : Peduli Korban Tragedi Kanjuruhan, Bantuan Kesehatan Jadi Prioritas Bupati Malang

Salah satu netizen akun @defisitmoral, membagikan cara untuk membunuh cacing jenis tersebut. 

- Pertama, jebak cacing kepala martil tersebut ke dalam wadah tertutup. 

- Lalu, taburkan garam atau cuka ke dalam wadah tersebut. 

- Setelah itu, masukkan ke dalam freezer kulkas selama 48 jam, sampai mereka larut. 

"Gais, ini namanya cacing kepala martil. Sangat invasif dan beracun, tolong segera dibasmi dengan cara tenggelemin dia ke larutan/solusi konsentrasi cuka atau garam dan taruh di freezer selama 48 jam atau lebih hingga cacing ini lebur dengan sendirinya," tulis akun tersebut. 


Topik

Serba Serbi Cacing cacing martil cacing beracun



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni