Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Hadirkan Dua Pakar, Unisma Sikapi Pentingnya Peran Bahasa

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

04 - Mar - 2023, 19:38

Placeholder
Foto bersama setelah kuliah umum bertajuk "Bahasa dalam Penguatan Lembaga Peradilan dan Diplomasi Budaya"di Unisma. (istimewa)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) melalui Pusat Pengembangan Bahasa Asing-Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (P2BA & BIPA) mengadakan kuliah umum bertajuk "Bahasa dalam Penguatan Lembaga Peradilan dan Diplomasi Budaya". Hal ini menjadi upaya dalam penguatan dan pengembangan bahasa Indonesia.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan, momen ini menjadi satu penguatan pengembangan bahasa Indonesia dan mendorong bahasa Indonesia akan berkembang dan tetap berada di negaranya sendiri atau mungkin berkembang, berkekspansi ke negara lainnya.

Baca Juga : Ini Negara-Negara dengan Frekuensi Terbanyak Matikan Internet 

Selain itu, dalam kuliah umum ini, ditegaskan bahwa bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan. Bahasa menjadi salah satu kunci dalam berkembangnya kebudayaan dan peradaban dalam tatanan kehidupan. 

2

Penggunaan bahasa yang baik dan benar tentunya akan menimbulkan efek positif dan dapat diterima dengan baik oleh sekitar. Karena itulah,  semua bermuara dari sebuah bahasa, termasuk juga dalam pengembangan kebudayaan dan peradaban.

"Saya yakin sistem komunikasi dan penguasaan yang baik dapat menjadi stabilitas kehidupan manusia," jelas Prof Maskuri.

3

Lebih lanjut Prof Maskuri menyampaikan, bahasa juga menjadi salah satu milestone dari Unisma. Karen itulah, Unisma berkomitmen untuk menciptakan budaya lingkungan dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar.  
Komitmen itu ditunjukkan dengan terus memberikan edukasi kepada para mahasiswa, dosen dan seluruh sumber daya yang ada di Unisma. "Kuliah umum ini diharapkan meningkatkan pemahaman tentang pemanfaatan cabang ilmu linguistik tentang linguistik forensik dalam lembaga peradilan. Kemudian, terkait pembelajaran BIPA untuk penguatan diplomasi budaya," paparnya.

1

Sementara itu, dalam kuliah umum itu, hadir dua narasumber, yakni Prof H Endang Aminuddin Aziz MA PhD (kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI) dengan paparan materi terkait Linguistik Forensik sebagai Pembuktian di Lembaga Peradilan serta Iwa Lukmana MA PhD (kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa) dengan topik Pembelajaran BIPA sebagai Penguatan Diplomasi Budaya.


Topik

Pendidikan Unisma Malang Unisma bahasa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan