Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Ini Negara-Negara dengan Frekuensi Terbanyak Matikan Internet 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Mar - 2023, 17:20

Placeholder
Ilustrasi jaringan internet (pixabay)

JATIMTIMES - Internet saat ini menjadi sebuah hal yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai aktivitas manusia terbantu dan bahkan tergantung pada internet. 

Meski begitu penting untuk manusia, namun nyatanya di berbagai belahan dunia, ada negara yang jaringan internetnya kerap mati. 

Baca Juga : WSBK Digeber di Sirkuit Mandalika, Apa Bedanya dengan MotoGP?

Lalu, negara manakah saja yang jaringan internetnya kerap mati dan dimatikan dengan sengaja di dunia?

Dari laporan dalam laman Access Now, pada 2022 terdapat 35 negara yang pernah mengalami pemadaman jaringan internet. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah total pemadam internet yang terjadi ini jauh lebih banyak. Sebab, pada tahun sebelumnya, jumlahnya hanya mencapai puluhan atau 87 peristiwa pemadaman internet.

Dan pada 2022, peristiwa pemadam internet tersebut telah terjadi sampai ratusan kali, atau tepatnya 187 kali. Pada tiap negara jumlahnya berbeda-beda.

Pada posisi pertama, ada negara India. Negara Bollywood ini sengaja mematikan internet untuk merespon konflik yang terjadi. Dalam setahun, negara ini sebanyak 84 kali mematikan jaring internetnya.

Negara ini menjadi negara yang kerap mematikan listriknya dalam waktu lima tahun beruntun. Pemadaman listrik ini terjadi lantaran konflik umat Hindu dan Muslim yang terjadi di Kashmir dan Rajasthan.

Pemadaman internet di India tersebut, tak pelak juga menimbulkan kerugian. Diperkirakan, pada saat itu India mengalami kerugian finansial mencapai 164 juta USD pada 2022. 

Pada posisi kedua, ditempati oleh Ukraina. Dalam kurun 2022, terjadi 22 peristiwa pemadam internet. Pemadaman internet ini dilakukan guna menghindari serangan siber dari Rusia. Seperti diketahui, hingga saat ini Ukraina dan Rusia masih terus berkonflik.

Baca Juga : Kemendikbud Sebut 11 Bahasa Daerah Punah

Selanjutnya ada negara Iran. Negara ini juga rentan dengan konflik. Hal ini juga  menjadi faktor terjadi peristiwa pemadam internet sebanyak 18 kali dalam kurun 2022. 

Disusul kemudian oleh negara Myanmar. Negara ini juga pernah mematikan jaringan internet karena konflik yang terjadi. Tercatat, sebanyak tujuh kali Myanmar pernah mematikan jaringan internetnya.

Bangladesh juga menjadi negara yang pernah mematikan jaringan internetnya. Tercatat, negara Bangladesh mematikan jaringan internetnya sebanyak enam kali. 

"Adapun, pemadaman di Yordania, Libya, dan Sudan sama-sama sebanyak empat kali pada tahun lalu," kutipan dari laporan di laman dataindonesia. 

Sama halnya dengan negara sebelumnya, alasan Yordania, Libya dan Sudah mematikan internetnya lantaran terdapat konflik yang terjadi.


Topik

Tekno Internet mati negara konflik di dunia Ukraina



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri