Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Cegah Banjir, Pemkab Banyuwangi Keruk Sedimen Sungai Kalilo

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

03 - Mar - 2023, 20:24

Placeholder
Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo (pakai udeng) turun langsung mendapingi petugas melakukan normalisasi sungai Kalilo Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES – Berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas PU Pengairan Banyuwangi dalam melakukan pencegahan dan penaggulangan banjir di Banyuwangi. Salah satunya dengan melaksanakan program normalisasi sungai dengan cara melakukan pengerukan sedimen di sungai Kalilo yang beberapa waktu meluap dan menggenangi ratusan rumah warga yang ada di wilayah kota Banyuwangi.

Menurut Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo, program yang dilaksanakan merupakan langkah untuk mengantisipasi terulangnya kembali kejadian banjir saat terjadi hujan lebat akibat pendangkalan sungai yang menyebabkan air naik dan meluber ke lingkungan sekitar.

Baca Juga : Pemkab Kediri Siapkan Anggaran Belanja Tak Terduga Rp 24 Miliar 

 

Dalam pelaksanaan kegiatan pengangkatan endapan material di dasar sungai Kalilo banyak ditemukan material berupa pasir, batu dan lumpur serta sampah yang mengendap cukup tebal.

"Program yang kami laksanakan ini sebagai salah satu upaya membuat aliran sungai lebih lancar sehingga mengantisipasi melubernya air sungai ke perkampungan warga " ujar Guntur Priambodo.

Lebih lanjut  Guntur mengungkapkan pihaknya juga meminta masyarakat yang tinggal di sekitaran bantaran aliran sungai Kalilo untuk tidak membuang sampah sembarangan yang dapat membuat sungai terlihat kumuh.

Dia menambahkan program normalisasi sungai Kalilo yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko dan mitigasi bencana. Karena ini sebagai salahsatu penyebab terjadinya musibah bencana banjir akibat anomali cuaca yang terjadi.

" Ini sebagai salah satu upaya dan ikhtiar kita. Namun saya meminta masyarakat turut menjaga dan memelihara kebersihan sungai dan kerja bakti bersama untuk turut menjaga kebersihan  aliran sungai dari sampah" tambah Guntur.

Baca Juga : Heboh Transaksi Rp 28,7 Juta Hilang, Tokopedia Buka Suara  

 

Pada saat petugas melakukan pengangkatan endapan material dari sungai, terjadi tumpukan material yang menggunung dan warga mengundang warga cukup antusias untuk menyaksikan sekaligus mendukung langkah dari Dinas PU Pengairan Banyuwangi tersebut.

" Bagus sangat baik kinerja Dinas Pengairan terlebih tadi Pak Guntur (Kadis Pengairan) juga turun langsung. Dan memang material dari sungai sangat banyak saat diangkut petugas, " jelas Joko salah seorang warga yang tinggal di bantaran sungai Kalilo Banyuwangi.


Topik

Lingkungan kabupaten banyuwangi banjir



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya