Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sinergi Proses Data Kependudukan, RSI Unisma Jalin Kerjasama dengan Dispendukcapil Kota Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

02 - Mar - 2023, 19:02

Placeholder
RSI Unisma jalin kerjasama dengan Dispendukcapil Kota Malang (RSI Unisma)

JATIMTIMES - Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma terus berkontribusi untuk kemaslahatan masyarakat melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satu kolaborasi yang terjalin baru-baru ini adalah dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang.

Direktur RSI Unisma dr H Tri Wahyu Sarwiyata membenarkan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Dispendukcapil Kota Malang. Kerjasama yang terjalin adalah sinergi dalam percepatan proses data.

Baca Juga : Tak Ada Lagi PeduliLindungi, Kini Naik Kereta Api Wajib Bawa Surat Vaksin 

 

Yang dimaksud proses data, dijelaskannya adalah adanya perubahan data kependudukan, di mana di rumah sakit seperti halnya RSI Unisma hal tersebut kerap terjadi. 

"Kalau di rumah sakit yang sering kan kelahiran. Sehingga bagaimana anak yang baru lahir bisa segera tercatat dalam data kependudukan," jelasnya.

1

Dengan segera tercatatnya dalam data kependudukan, maka dokumen kependudukan anak yang baru lahir tersebut tak lagi menunggu proses yang panjang. Dan ketika mereka pulang, maka bisa lekas mengantongi dokumen akta kelahiran.

Lebih lanjut dijelaskannnya, adanya kerjasama ini tentu selain memudahkan pemerintahan dalam pendataan anak yang baru lahir juga membantu para orang tua yang misalnya kerepotan dalam melakukan kepengurusan dokumen kelahiran anak.

"Kita paham, kan kadang orangtuanya mungkin pas masih kerepotan, kemudian terlewatkan. Sehingga kerjasama RSI Unisma dengan Dispendukcapil akan memfasilitasi mereka dan ketika anak sudah keluar dari rumah sakit sudah dapat (akta kelahiran). Nggak perlu ribet lagi," paparnya.

Baca Juga : Jokowi Sebut Perubahan Iklim Jadi Hal yang Paling Ditakuti Semua Negara, Indonesia Peringkat Tiga 

Selain perubahan data kependudukan terkait kelahiran anak, terdapat perubahan data kependudukan lain yakni perihal kematian yang terjadi. Anak-anak terdapat kematian yang terjadi di rumah sakit, maka maka data kependudukan pada pasien yang meninggal tersebut akan segera terupdate. 

"Sehingga hal ini menghindari misalnya ada kesalahan data administrasi (data meninggal namun terdata masih hidup),"pungkasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana