Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Kawal Puluhan Ribu Jamaah 1 Abad NU, Polres Malang Kerahkan 117 Personel

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

07 - Feb - 2023, 09:55

Placeholder
Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung (dua dari kiri) saat memimpin giat pemberangkatan jamaah Kabupaten Malang menuju Kabupaten Sidoarjo. (Foto : Satlantas Polres Malang)

JATIMTIMES - Sebanyak 117 personel kepolisian Polres Malang dilibatkan dalam pengawalan sekaligus pengamanan acara puncak peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU), ke Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan data yang dihimpun Polres Malang, sedikitnya ada lebih dari 30 ribu jamaah asal Kabupaten Malang, yang berangkat untuk mengikuti serangkaian acara yang diadakan di Gelora Delta Sidoarjo tersebut.

"Sebanyak 117 personel yang dilibatkan dalam rangka pengamanan dan pengawalan acara puncak satu abad NU di Sidoarjo tersebut, akan bertugas sejak tanggal 6 (Senin) hingga 7 (Selasa) Februari 2023," kata Kasihumas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik.

Baca Juga : Viral, Gempa yang Melanda Turki Sudah Ramai Diprediksi Sebelumnya 

Dari ratusan personel tersebut, dijelaskan Taufik, terbagi menjadi beberapa tim pengamanan. Yakni meliputi tim yang bertugas untuk melakukan pengamanan dan pengawalan secara melekat; tim pengamanan dan koordinator pemberangkatan; dan tim pengawalan dari masing-masing Polsek menuju titik kumpul.

"Ada 22 personel yang bertugas pengamanan dan pengawalan melekat ke Sidoarjo," terang Taufik.

Sementara itu, untuk tim yang bertugas melakukan pengamanan dan koordinator pada lokasi pemberangkatan di Rest Area Singosari ada 35 personel. Sedangkan sisanya, yakni sebanyak 60 personel bertugas melakukan pengawalan dari Polsek jajaran Polres Malang menuju ke titik kumpul.

"Sebanyak 60 personel dari Polsek jajaran tersebut, bertugas melakukan pengawalan dari Polsek masing-masing menuju ke titik kumpul (pemberangkatan). Yakni di rest area Singosari, tepatnya di KM 84," jelas Taufik

Sekedar informasi, berdasarkan data yang disampaikan Taufik, sedikitnya ada 30.321 jamaah dari Kabupaten Malang yang menghadiri peringatan satu abad NU ke Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jamaah dari Kabupaten Malang tersebut, masih akan mengalami penambahan. Mengingat dimungkinkan ada jamaah yang berangkat secara pribadi.

Para jamaah tersebut, berangkat secara rombongan dengan mengendarai beragam kendaraan. Yakni mulai dari bus, mini bus, kendaraan elf, hingga kendaraan pribadi yang diakomodir oleh NU dan Kementerian Agama (Kemenag).

Baca Juga : Puncak Resepsi 1 Abad NU, Puluhan Ribu Warga Nahdliyin Padati Stadion Sidoarjo Sejak Tengah Malam

Rinciannya, untuk kendaraan yang diakomodir oleh NU, bus yang disediakan untuk para jamaah ada 250 unit, mini bus ada 44 unit, elf 363 unit, dan 940 unit mobil pribadi.

Sedangkan yang diakomodir oleh Kemenag, kendaraan bus yang disediakan ada sebanyak 28 unit, mini bus tiga unit, kendaraan jenis elf sebanyak 47 unit, dan mobil pribadi sebanyak 440 unit.

"Terkait pemberangkatan dari titik kumpul, yaitu dari rest area Tol Singosari pada hari Senin (6/2/2023) terbagi menjadi tiga gelombang. Yakni mulai dari pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB," kata Taufik mengakhiri.


Topik

Hukum dan Kriminalitas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri