07/12/2022 Sejarah Ditetapkannya Hari Guru Nasional dan Contoh Kalimat Ucapannya | Jatim TIMES

Sejarah Ditetapkannya Hari Guru Nasional dan Contoh Kalimat Ucapannya

Nov 25, 2022 07:50
Logo peringatan Hari Guru Nasional. (Foto dari internet)
Logo peringatan Hari Guru Nasional. (Foto dari internet)

Pewarta: Mutmainah J | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Setiap tanggal 25 November, diperingati sebagai Hari Guru Nasional

Penetapan tanggal Hari Peringatan Guru Nasional itu diambil pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Baca Juga : Unggah Foto Tangan Wanita Bercincin, Verrel Bramasta sudah Lamaran?

Hal itu juga bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dilansir dari website resmi PGRI, sebelum organisasi ini berdiri, para guru membentuk organisasi guru pribumi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada masa kolonial Belanda di tahun 1912.

PGHB adalah organisasi yang bersifat unitaristik dengan anggota yang terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. 

Kebanyakan dari guru tersebut bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua dengan latar belakang pendidikan yang beragam. Sekolah-sekolah tersebut menggunakan bahasa daerah ditambah bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar. 

Perbedaan status, pangkat, hingga latar belakang pendidikan membuat PGHB sulit untuk memperjuangkan nasib anggotanya.

Lalu, setelah kemunculan PGHB, organisasi guru lain juga mulai bermunculan. Organisasi tersebut seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB). 

Lalu organisasi guru semakin berkembang lagi hingga meningkat pada corak keagamaan, kebangsaan atau lainnya seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM), dan Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG) yang beranggotakan semua guru tanpa membedakan golongan agama.

Lalu, setelah 100 hari dari kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 23-25 November 1945, diselenggarakan Kongres Guru Indonesia yang pertama. 

Kongres Guru tersebut berlangsung di Surakarta, tepatnya di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta). 

Nah, kongres guru yang pertama itulah yang menghasilkan kesepakatan yang berisi segala perbedaan antara organisasi guru yang didasarkan perbedaan tamatan di lingkungan pekerjaan, daerah, aliran politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan. 

Semenjak kongres guru pertama itulah, semua guru Indonesia menyatakan bersatu dalam satu satu wadah yaitu PGRI. Dan dari kongres guru pertama itu juga para guru sepakat untuk menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Nah, untuk memperingati Hari Guru Nasional, kita perlu yang namanya memberikan ucapan kepada Guru sebagai bentuk rasa terima kasih.

Untuk kamu yang masih bingung mau memakai kalimat apa, bisa banget cobain pakai kalimat ini dijamin gurumu pasti terkesan.

Baca Juga : Viral, Ratusan Orang Jadi Mualaf di Momen Piala Dunia Qatar

1. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang senantiasa mengajar, membimbing, dan menuntun kita pada hal-hal kebaikan.

2. Guruku, terima kasih untuk segala komitmen dan dedikasi dalam membantu mencerdaskan negeri. Akan kuingat selalu dirimu sebagai guru terbaik dalam hidupku.

3. Selamat Hari Guru. Terima kasih untuk selalu menjadi arah kehidupan yang menuntunku menuju jalan kesuksesan.

4. Guru itu ibarat lilin, energinya dihabiskan untuk menerangi jalan bagi siswa dan murid-muridnya. Selamat Hari Guru!

5. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru. Selama ini Engkau selalu sabar dalam membimbing dan membekali berjuta ilmu kepada kami. Selamat Hari Guru.

6. Jika pengetahuan adalah cahaya bagi kehidupan, maka kau adalah bintang yang senantiasa menyebarkan cahaya hingga ke penjuru Negeri. Terima kasih guruku.

7. Orang tua kami memberikan kami hidup, dan engkau mengajari kami cara menjalaninya. Guruku, jasamu akan selalu kekal dan abadi. Selamat Hari Guru Nasional.

8. Thank you for guiding and teach us in every chapter of life. Happy Teacher’s Day 2022.

9. Happy teachers' Day 2022! We thank you today and every day!

10. I found guidance, friendship, discipline, and love, everything in one person. And that person is you. Happy Teachers' Day 2022!

Judul berita Sejarah Ditetapkannya Hari Guru Nasional dan Contoh Kalimat Ucapannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
hari guru nasional Hari guru

Berita Lainnya