Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Heboh, Rendang Diklaim dari Malaysia, Netizen: Ngelawak Tetangga

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Nov - 2022, 09:43

Placeholder
Ilustrasi makanan rendang kuliner khas Sumatera Barat (foto: google)

JATIMTIMES - Beredar video di TikTok yang menanyakan kepada beberapa warga Malaysia soal asal makanan rendang. Ternyata banyak warga sana yang mengklaim kuliner kebanggaan Sumatera Barat itu sebagai makanan dari Malaysia. 

Video yang diunggah oleh akun @iben_ma itu menanyakan beberapa warga Malaysia soal asal rendang. 

Baca Juga : Lagi, Jalan Berlubang Makan Korban di Tulungagung

"Awak tau rendang? Asalnya dari mana?," tanya akun tersebut kepada warga Malaysia. 

"Rendang dari Malaysia, bukan Indonesia," jawab warga Malaysia. 

Bukan hanya satu orang, ada 4 warga Malaysia yang ditanya asal Rendang. Dan semua menjawab rendang dari Malaysia. 

Hal itu sontak menuai perhatian dari warganet. Hingga berita ini ditayangkan lebih dari 300 ribu like dan 17 ribu komentar. 

"Anjay," @mii**.

"Padang udah pindah negara," @Au**.

"Ngelawak tetangga," @son_**. 

"Udag ga heran," @za*.

Diketahui, perdebatan soal asal rendang memang kerap terjadi. Utamanya warga Malaysia dan Indonesia yang kerap melakukan perdebatan ini. 

Dilansir dari situs milik Kemkominfo yakni Indonesiabaik.id, Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah dan segala jenis makanan. Bahkan, ada beberapa kuliner Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia masuk dalam daftar Unesco. 

Baca Juga : "Ini Asbaknya Pak" Video Panas Kebaya Merah Jadi Perbincangan Hangat di Tulungagung

Dalam unggahan pada 27 Juli 2021, Kemkominfo menyebut ada 4 makanan yang masuk menjadi warisan budaya Indonesia yang dikenal dunia. Yakni, rendang, nasi goreng, lumpia dan tempe. 

Rendang sendiri dikenal sebagai kuliner kebanggaan Sumatera Barat atau dikenal rendang Minangkabau. Makanan ini dianggap hidangan penting yang harus ada saat kenduri, upacara adat hingga perayaan tertentu. 

Rendang memiliki ciri khas tekstur daging yang kering berwarna cokelat gelap dan beraroma kuat. Cara memasaknya pun membutuhkan proses yang agak lama. Karena daging dimasak bersama rempah dan santan. 

Menurut artikel Yoshino, yang diterbitkan oleh Sophia University Institute of Conparative Culture (2010) menyebutkan rendang dibawa masuk ke Malaysia oleh para imigran dari Indonesia pada tahun 1900-an. 

Meski begitu, rendang Malaysia memiliki tampilan yang berbeda dengan rendang Minangkabau. Rendang di Malaysia dan Singapura mirip dengan rendang Sumatera Barat versi setengah basah. Atau di Indonesia disebut masih gulai, belum menjadi rendang, yang kering sepenuhnya. Sehingga bisa disimpulkan sajian rendang Minangkabau berbeda dengan rendang Malaysia, meskipun tradisi kulinernya sama. 


Topik

Kuliner



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni