Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Sambut Bonus Demografi, KIB  Berkomitmen Jadikan Masyarakat Indonesia Sejahtera

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

15 - Aug - 2022, 14:12

Placeholder
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberikan pidatonya di hadapan kader dari ketiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Surabaya, Minggu (14/8/2022). (Foto: Istimewa) 

JATIMTIMES - Dalam menyambut bonus demografi 2025-2035, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digawangi oleh tiga partai politik (parpol) yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berkomitmen membuat seluruh masyarakat Indonesia sejahtera. 

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menuturkan, salah satu visi dan misi KIB yang sudah disepakati tiga anggota parpol, yakni membawa Indonesia menjadi negara maju dengan pendapatan 12 ribu dolar AS per kapita pada tahun 2035. 

Baca Juga : UIN Malang Masuk 3 Besar PTKIN Terbaik di Indonesia Versi UniRank

Airlangga menegaskan, peluang Indonesia untuk melepaskan diri dari posisi negara berpenghasilan menengah atas, sangat terbuka dengan bonus demografi sebesar 191 juta penduduk usia produktif pada tahun 2025-2035. 

KIB tidak ingin melewatkan peluang besar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan bonus demografi ini. 

"Kita harus 'kaya sebelum menua'. Inilah golden moment kita yang tidak boleh terlewatkan. Momentum emas ini harus kita pergunakan sebaik-baiknya," ujar Airlangga dalam pidatonya di Surabaya, Minggu (14/8/2022). 

Ketum Golkar menyampaikan, untuk menjadikan masyarakat Indonesia 'kaya sebelum menua', KIB memiliki sejumlah strategi yang dituangkan dalam visi dan misi koalisi. Antara lain, akselarasi dan tranformasi terutama aspek ekonomi agar lebih cepat menjadi negara maju. 

Pihaknya menuturkan, transformasi ekonomi ini dilakukan dengan reformasi struktural berbasis Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, termasuk mendorong ASN (Aparatur Sipil Negara) dengan pendekatan merit sistem yang berkesejahteraan. 

Baca Juga : 40 Parpol Daftar Peserta Pemilu 2024, 3 Tak Mendaftar

 

"Kami akan melakukan akselerasi ekonomi digital dan e-government, bukan hanya melakukan adaptasi, agar perubahan bisa terjadi lebih cepat. KIB akan mendorong Program Akselerasi dan Tranformasi Ekonomi Nasional (PATEN), KIB PATEN," tegas Airlangga. 

Ketum Golkar yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI ini menegaskan, untuk mencapai tujuan itu, seluruh anggota KIB akan bersatu dan bekerja keras untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. 

Selain itu, diperlukan upaya keluar dari cara-cara biasa untuk mengakselerasi pencapaian target negara maju Indonesia. Dengan begitu, cita-cita partai berlambang pohon beringin, matahari terbit, dan Ka’bah ini bisa terwujud. Yakni, Indonesia yang sehat manusianya, sehat ekonomianya, dan sehat buminya. 


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana