07/12/2022 Berangkatkan Kontingen Jamnas Pramuka XI, Pesan Bupati Blitar: Jadilah seperti Elang Jawa | Jatim TIMES

Berangkatkan Kontingen Jamnas Pramuka XI, Pesan Bupati Blitar: Jadilah seperti Elang Jawa

Aug 11, 2022 14:40
Bupati Blitar Rini Syarifah memberangkatkan peserta Jamnas Pramuka XI di Pendapa RHN.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)
Bupati Blitar Rini Syarifah memberangkatkan peserta Jamnas Pramuka XI di Pendapa RHN.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Bupati Blitar Rini Syarifah memberangkatkan kontingen Pramuka Kabupaten Blitar yang akan berpartisipasi dalam Jambore Nasional XI 2022 di Cibubur. Pelepasan rombongan kontingen Pramuka Jamnas XI dilaksanakan di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro, Kamis (11/8/2022).    

Dalam sambutannya, bupati yang akrab disapa Mak Rini menyampaikan sejumlah pesan kepada kontingen  Pramuka Kabupaten Blitar. 

Baca Juga : Program PCC Pemkab Pamekasan Resmi Dapat HaKI

 

Rini meminta kepada kontingen Pramuka agar bersemangat karena jambore ini merupakan agenda yang diselenggarakan pertama kalinya secara tatap muka di masa Pandemi Covid-19. 

"Jambore ini adalah pendidikan karakter untuk generasi muda. Dan juga memberikan kebahagiaan bagi seluruh peserta, sejalan dengan tema 'melalui kegiatan Jamnas XI tahun 2022, kita wujudkan pramuka yang ceria, berdedikasi dan berprestasi," kata Mak Rini.           

Mak Rini menambahkan, jambore nasional merupakan forum tempat bertemunya anak muda dari seluruh wilayah indonesia. Kegiatan jamnas ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan kreativitas, kemandirian, serta penanaman nilai nilai kebudayaan. 

"Karena diikuti seluruh pemuda pemudi dari seluruh tanah air, saya berpesan kepada adik- adikku semua yang mengikuti jambore agar tetap menjaga semangat. Ilmu yang didapat nantinya setelah kembali dari Cibubur bisa ditularkan kepada adik-adiknya yang ada di sini," tukasnya.

Lebih lanjut Mak Rini juga berpesan kepada peserta jambore nasional untuk menjalin komunikasi yang baik dengan perwakilan dari daerah lain dan menjaga nama baik Kabupaten Blitar. 

"Juga harus bisa seperti elang Jawa yang diberi nama Nusa sebagai maskot jamnas tahun ini. Yakni menjadi pribadi yang mandiri, berdikari dan terus belajar,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar juga menitipkan pesan kepada peserta jambore agar ikut mempromosikan wisata Blitar. “Saya nitip pesan, sampaikan kepada teman sebangsa dan setanah air, ceritakan betapa ramahnya masyarakat Blitar. Ceritakan Blitar, betapa enak kulinernya. Ceritakan supaya mereka berbondong bondong datang ke Kabupaten Blitar. Adik-adik pasti senang, kalau Blitar yang dikenal dengan Land of Kings (tanah para raja) ini makin kawentar dan dikunjungi banyak orang,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Kwartir Cabang Blitar, Kak Budi Kusumarjaka menyampaikan dalam Jambore Nasional Pramuka XI di Cibubur, Kabupaten Blitar mengirimkan kontingen dengan jumlah 25 orang. Jumlah itu meliputi peserta dan pendamping.

Baca Juga : Simak Saran Rasulullah Buat Muslim yang Tak Bisa Membaca Al-Qur'an

 

“Jumlah yang kita berangkatkan ini yang reguler ada 16 orang. Ada dua orang kontingen yang berkebutuhan khusus serta pendamping. Jumlah secara keseluruhan kontingen asal Kabupaten Blitar berjumlah 25 orang,” kata Budi.

Budi menambahkan, serangkaian persiapan dilakukan untuk mengikuti Jamnas XI di Cibubur. Diantaranya dengan memberikan pembekalan kepada peserta. Peserta Jamnas XI adalah Pramuka Penggalang usia SMP/MTS.

“Pembekalan ada 13 kali pertemuan. Kita berikan materi-materi khusus. Dan yang kita berangkatkan ini adalah Pramuka Garuda. Pramuka Garuda ini adalah kasta tertinggi di Pramuka,” pungkasnya.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Indonesia menyelenggarakan Jambore Nasional atau Jamnas ke-XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta pada 14 - 21 Agustus 2022. 

Jamnas merupakan acara lima tahun sekali yang diselenggarakan yang diikuti oleh berbagai perwakilan dari masing-masing kwartir cabang (kwarcab) di tingkat kota atau kabupaten.

Pada penyelenggaran jambore nasional edisi kesebelas ini, tema yang diambil adalah “Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi”. Tema ini dipilih sebagai bentuk pengharapan untuk meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan, serta membentuk sikap dan perilaku anggota pramuka guna mempertahankan komitmen dan penghayatan terhadap Satya dan Darma Pramuka. (Adv/Kmf)

Judul berita Berangkatkan Kontingen Jamnas Pramuka XI, Pesan Bupati Blitar: Jadilah seperti Elang Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bupati Blitar Jambore Nasional XI 2022

Berita Lainnya