01/02/2023 Petani dan Pedagang Tembakau di Pamekasan Deklarasikan P4TM | Jatim TIMES

Petani dan Pedagang Tembakau di Pamekasan Deklarasikan P4TM

Aug 06, 2022 17:11
Suasana acara deklarasi Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM). (Foto:Ist/JTN)
Suasana acara deklarasi Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM). (Foto:Ist/JTN)

Pewarta: khairul rozi | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES- Acara Deklarasi Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) di aula bersama Jalan Raya Blumbungan, Larangan Pamekasan, Sabtu (06/07/2022), dihadiri ribuan masyarakat dan tokoh nasional.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut hadir bersama beberapa ulama dari Badan Silaturahmi Ulama Pesantren Madura (BASSRA).

Baca Juga : Buka Pagelaran dan Bursa Keris Nasional serta Pameran Lukisan Rupa Kita, Wali Kota Kediri: Pameran Ini Sarat Edukasi Lestarikan Budaya

Dalam sambutannya, Khofifah mengatakan sekitar 35 persen produksi tembakau di Indonesia berasal dari Madura. Sehingga, pihaknya berharap pemerintah  saat ini bisa menata regulasi, supaya para petani yang ada di wilayah Madura bisa untung dan sejahtera.

“45 persen produksi tembakau Indonesia dari Jawa Timur, se-Indonesia sekitar 35 persen tembakau Indonesia dari Madura. Mengenai hal itu, sekarang bagaimana kita bersama-sama menata regulasi supaya petaninya untung dan sejahtera. Sementara ada Bakorwil yang siap untuk dijadikan Trading House bagi para petani tembakau se-Madura,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mencapai kesejehteraan itu, dirinya sudah berkoordinasi dengan Bakorwil Pamekasan. Nantinya Bakorwil akan difungsikan menjadi trading house atau rumah dagang bersama bagi para petani tembakau se-Madura.

Sementara Ketua Panitia P4TM Abdul Bari menyampaikan, menanggapi intruksi yang sudah disampaikan Gubernur Jatim, pihaknya akan menindaklanjuti dan berdiskusi dengan pemangku kebijakan. Dia akan jemput bola untuk membahas terkait anjloknya harga tembakau petani di Madura, agar bisa mengembalikan kejayaan para petani Madura.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Sinergi dengan DMI, Lindungi Imam dan Pengurus Masjid di Pamekasan

“Kami akan berikhtiar semaksimal mungkin bersama para ulama, bersama pemangku kebijakan dan tokoh-tokoh masyarakat, kami akan membangun sinergi, ini loh problemnya, ini loh solusinya,” pungkasnya.

Judul berita Petani dan Pedagang Tembakau di Pamekasan Deklarasikan P4TM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Madura Gubernur Jawa Timur

Berita Lainnya